Analisis dan Implementasi Algoritma Framed Slotted Aloha (FSA) sebagai Anti-Collision pada Sistem Radio Frequency Identification (RFID)

Agus budiyanto

Informasi Dasar

113070286
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: RFID merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan identifikasi terhadap suatu objek dalam jarak tertentu. Sistem RFID terdiri dari dua buah perangkat yaitu reader dan tag yang terpasang pada suatu objek. Reader berfungsi untuk melakukan proses pembacaan dan penerimaan data sedangkan tag berfungsi untuk menyimpan data unik mengenai suatu objek yang dilekatinya dan mengirimkan data tersebut ketika melewati medan signal yang dihasilkan oleh reader.

Permasalahan muncul ketika beberapa tag secara bersamaan berada dalam medan yang dihasilkan oleh reader. Collision data terjadi ketika sejumlah tag mengirimkan data dalam waktu yang bersamaan. Oleh karena itu dalam tugas akhir ini dibahas mengenai penanganan collision pada RFID dengan menggunakan algoritma Framed slotted Aloha (FSA).

Jenis FSA yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah Basic Framed Slotted Aloha (BFSA). Dalam BFSA proses pengiriman data akan dibagi ke dalam slot-slot yang terkelompok dalam sebuah frame. Tag akan memilih secara acak satu slot yang akan digunakan untuk mengirimkan data . Tag yang berhasil mengirimkan data adalah tag yang menempati slot yang hanya diisi oleh tag tersebut. Akan terjadi collision data ketika lebih dari satu tag mengirimkan data dalam satu slot yang sama. Tag-tag yang belum berhasil mengirimkan datanya akan kembali mengirimkan data pada proses pembacaan selanjutnya. Proses ini akan berulang sampai semua tag berhasil teridentifikasi.

Dalam tugas akhir ini dilakukan pengujian terhadap performansi dari algoritma BFSA berdasarkan total waktu yang dibutuhkan dalam proses pembacaan. Dari hasil analisa ditunjukkan ketika jumlah tag ditangani semakin banyak, maka waktu yang dihasilkan naik secara exponensial. Selain itu juga didapatkan rumus dengan batas atas Y = 1.6 + 0.561X dan batas bawah Y = -0.266 + 0.646X dimana Y adalah ukuran frame dan X adalah jumlah tag, untuk melakukan prediksi ukuran frame yang tepat yang mampu menghasilkan waktu baca yang paling minimum berdasarkan jumlah tag ditangani.

Kata Kunci : collision, RFID, FSA, BFSAABSTRACT: RFID is a system that are used for identification of an object within a certain distance. RFID system consists of the reader and the tags that attached to an object. Reader serves to make the process of reading and receiving data while the tag function is to store the unique data about an object that was attached on and transmit the data when passing through the signal field that generated by the reader.

Problems arise when multiple tags simultaneously within the field produced by the reader. A data collision occurs when a tag sends data at the same time. Therefore in this thesis discussed the handling of the collision in RFID using Framed slotted ALOHA algorithm (FSA).

FSA kind used in this thesis is a Basic Framed Slotted Aloha (BFSA). In BFSA data submission process will be divided into slots that are clustered in a frame. Tags will randomly select a slot to be used to transmit data. Tags that successfully transmit tag data is occupying the slot filled by the tag. A data collision will occur when more than one tag sends data in the same slot. Tags are not successfully transmit data will be re-transmit the data to the next reading. This process will be repeated until all tags successfully identified.

In this final testing the performance of the algorithm BFSA based on the time required in the process of reading. From the results of the analysis are shown when the number of tags is handled the more, the time resulting rise exponentially. In addition, with the upper limit obtained formula Y = 1.6 + 0.561X and lower limit Y = -0266 + 0.646X where Y is the size of the frame and the X is the number of tags, to predict the exact size of the frame is capable of producing the most minimum reading time based on the number of tags to be addressed.Keyword: collision, RFID, FSA, BFSA

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Algoritma Framed Slotted Aloha (FSA) sebagai Anti-Collision pada Sistem Radio Frequency Identification (RFID)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Agus budiyanto
Perorangan
Fazmah Arief Yulianto, Andrian Rakhmatsyah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini