Analisis Pengaruh Algortima Penjadwalan TRS+mSIR dan mmSIR Untuk Menentukan Quality of Service pada Jaringan Berbasis Wimax

Hartanto Prabowo

Informasi Dasar

113070253
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Wimax merupakan teknologi komunikasi yang bertujuan menyediakan komunikasi data nirkabel jarak jauh. Secara umum jaringan Wimax terdiri dari Subscriber Station (SS), Base Station (BS), dan Network Management System (NMS). Wimax memerlukan sebuah penjadwalan paket dengan menggunakan algoritma yang mampu mendukung QoS untuk berbagai kelas layanan. IEEE 802.16 tidak memberikan standar mengenai penggunaan algoritma penjadwalan pada Wimax. Dengan adanya sejumlah permintaan akses resource dari user maka dibutuhkan scheduling Wimax dengan menggunakan algoritma yang bisa memberikan fairness bagi user. Pada Tugas Akhir ini disimulasikan algoritma penjadwalan TRS+mSIR (Temporary Removal Scheduler + maximum Signal to Interference Ratio) dan mmSIR (modified maximun Signal-to-Interference) yang diterapkan dalam jaringan Wimax. Simulasi ini dijalankan dengan skenario yang telah dirancang yaitu penambahan jumlah SS.

Tugas Akhir ini bertujuan untuk melihat pengaruh algoritma penjadwalan terhadap Quality of Service (QoS) pada jaringan berbasis Wimax. Cara yang digunakan adalah dengan mensimulasikan algoritma penjadwalan TRS+mSIR dan mmSIR pada scheduling Wimax. Kelas QoS yang dianalisis pada Tugas Akhir ini adalah UGS, rtPS dan BE. Parameter yang diukur adalah throughput, packet loss, average delay, dan fairness untuk melihat bagaimana performansi penjadwalan Wimax menggunakan algoritma tersebut. Perancangan simulasi jaringan Wimax dalam Tugas Akhir ini menggunakan Network Simulator 2 (NS2).

Dari hasil simulasi dapat diketahui bahwa algoritma penjadwalan TRS+mSIR menghasilkan nilai throughput yang lebih besar dibandingkan algoritma penjadwalan mSIR. Algoritma penjadwalan mmSIR menghasilkan nilai average delay yang lebih kecil dibandingkan algoritma penjadwalan mSIR. Nilai packet loss yang dihasilkan oleh algoritma penjadwalan TRS+mSIR dan mmSIR masih di bawah nilai standar maksimal packet loss yang dikeluarkan oleh ITU-T.
Kata Kunci : scheduling WiMAX, algoritma penjadwalan TRS+mSIR, mmSIR, QoSABSTRACT: Wimax is a communications technology that aims to provide long-distance wireless data communications. Wimax architecture consists of Base Station (BS), Subscriber Station (SS), and Network Management System (NMS). At Wimax is needed a packet scheduling with use algorithm that can support QoS for different classes of service. IEEE 802.16 doesn’t give a fix standard for scheduling algorithm choosing in Wimax. Scheduling algorithm that provide fairness for users is needed for Wimax, because the resource access is request from users. This final project simulated about TRS+mSIR (Temporary Removal Scheduler + maximum Signal to Interference Ratio) and mmSIR (modified maximun Signal-to-Interference) scheduling algorithm on Wimax network. This simulation is worked based on increasing the number of SS scenario.

This final Project aims to see the effect of scheduling algorithms on the Quality of Service (QoS) on networks based on Wimax. The way to reach that aims by simulate TRS+mSIR and mmSIR scheduling algorithm on Wimax. QoS classes are analyzed in this final project are UGS, rtPS, and BE. Performance parameters that measured are throughput, average delay, packet loss, and fairness to see how the performance of Wimax scheduling using mSIR algorithm. In the design of Wimax network simulation using Network Simulator 2 (NS2).

The simulation results show the TRS+mSIR scheduling algorithm produces values greater throughput than scheduling algorithms mSIR. MmSIR scheduling algorithm produces a value of average delay is smaller than mSIR scheduling algorithms. Value of packet loss generated by the TRS+mSIR scheduling algorithm and mmSIR is still below the standard maximum packet loss are issued by the ITU-T.
Keyword: WiMAX scheduling, TRS+mSIR scheduling algorithm,mmSIR, QoS

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisis Pengaruh Algortima Penjadwalan TRS+mSIR dan mmSIR Untuk Menentukan Quality of Service pada Jaringan Berbasis Wimax
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Hartanto Prabowo
Perorangan
Niken Dwi Cahyani, Rachmat Hariyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini