Algoritma Genetika - Inisialisasi Berbasis Prioritas untuk PEnjadwalan Kuliah dan Mahasiswa

Chandra Mulia Dewangga

Informasi Dasar

113070159
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Permasalahan penjadwalan mahasiswa merupakan suatu permasalahan yang memiliki tingkat kompleksitivitas yang berbeda di setiap universitas. Hal tersebut disebabkan oleh faktor-faktor seperti mahasiswa, mata kuliah, kelas dan constraint yang digunakan . Secara umum jadwal mahasiswa dikatakan bagus adalah jadwal dimana tidak ada mahasiswa yang mendapatkan 2 atau lebih jadwal kuliah dari matakuliah yang berbeda dalam suatu slot waktu yang sama. Oleh karena itu, batasan tersebut menjadi syarat minimal yang harus dipenuhi dalam permasalahan penjadwalan mahasiswa.

Untuk mengatasi permasalahan ini dibutuhkan suatu metode optimasi yang baik. Salah satu metode yang cukup baik dalam mengatasi permasalahan penjadwalan adalah Algoritma Genetika. Algoritma genetik adalah teknik pencarian dan optimasi yang terinspirasi oleh biologi evolusioner seperti warisan, mutasi, seleksi alam dan rekombinasi (crossover). Algoritma Genetik akan membentuk sebuah populasi representasi abstrak (kromosom) dari solusi-solusi calon (individual) pada sebuah masalah optimisasi yang nantinya akan berkembang menjadi solusi-solusi yang lebih baik. Dan juga digunakan inisialisasi berbasis prioritas untuk pembangkitan solusi awal atau inisialisasi kromosom.

Pada Tugas Akhir ini, dataset yang digunakan untuk melakukan pengujian adalah data akademik semester 1 dan semester 2 tahun ajaran 2009/2010 IT Telkom Bandung Indonesia dengan parameter yang diujikan adalah maksimum generasi. Berdasarkan hasil dari pengujian yang telah dilakukan ,dapat diketahui bahwa semakin besar maksimum generasi dan generasi yang dicapai maka akan semakin kecil atau bagus nilai fitness yang dihasilkan. Selain itu dengan mengubah-ubah kapasitas dari suatu kelas juga dapat mempengaruhi nilai fitness yang dihasilkan.
Kata Kunci : penjadwalan mahasiswa, Algoritma Genetika (AG), Inisialisasi Berbasis PrioritasABSTRACT: Students Timetabling problem is a problem which has different complexivity in every institutions . That depends on many factors, such as, the students, the courses, classes and the constraints which are used . In general a students timetable that can be called good is a schedule which doesn't have any students who has 2 or more course schedule of different subjects in a same time slot. Therefore, those constraints became the standart constraints that have to be fulfilled in the Student Timetabling problem.

To overcome this problem, we need a good optimization method. One of the optimization method that quite good to overcome this scheduling problem is Genetic Algorithm. Genetic Algorithm is a searching and optimization technique that inspired by evolutioner biology like heritance, mutation, natural selection and crossover. Genetic Algorithm will create a population of abstract representation (chromosome) from candidate of solutions (individual) od a optimization problem that which later will be evolve became better solutions. And also used priority based initialization for generate an initial solution or initialization.

On this Final Task, datasets being used for testing the system are Academic data from odd semester and from even semester school year 2009/2010 of ITTelkom Bandung with parameter that will be tested is maximum of generation . Based on the results from the testing that has been done, it is known that the greater the maximum of generation and the generation that has been achived then the smaller or better of fitness value will be obtained. Moreover by varying the capacity of a class can also affect the fitness value will be obtained.

Keyword: student timetabling, Genetic Algorithm (GA), Priority Based Initialization

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Algoritma Genetika - Inisialisasi Berbasis Prioritas untuk PEnjadwalan Kuliah dan Mahasiswa
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Chandra Mulia Dewangga
Perorangan
Tjokorda Agung Budi Wirayuda, Retno Novi Dayawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini