Implementasi Steganalisis dengan Menggunakan Metode BSM-SVM pada Steganografi Citra Digital

Anindito Setya Nugraha

Informasi Dasar

113070155
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Steganografi atau teknik penyisipan data saat ini sering sekali digunakan oleh banyak pihak untuk berbagai kepentingan, salah satunya adalah untuk penyelundupan data. Oleh karena itu diperlukan suatu aplikasi yang dapat mendeteksi teknik steganografi tersebut sehingga diharapkan mampu meminimalisir upaya penyelundupan data rahasia.

Steganalisis merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari cara mendeteksi keberadaan teknik steganografi dalam suatu media tertentu. Salah satu teknik steganalisis ini adalah Binary Similarity Measures – Support Vector Machine (BSM-SVM) yang digunakan untuk mencari pola-pola tertentu pada suatu media pada level binary. Metode ini termasuk ke dalam metode blind steganalysis dimana metode ini mampu mendeteksi semua metode Steganografi dan pada semua format file dengan akurasi yang tinggi.

Pada tugas akhir diimplementasikan metode BSM-SVM untuk melakukan steganalisis terhadap beberapa set citra digital dengan tujuan apakah metode ini bisa mendeteksi teknik steganografi LSB dan F5 pada format BMP dan JPG. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan terhadap citra digital, Algoritma BSM-SVM mampu mendeteksi metode LSB dan F5 dan memiliki nilai akurasi yang mencapai 77,28% untuk deteksi metode LSB dan 76,49% untuk deteksi metode F5. Metode ini juga mampu diterapkan pada format citra digital berupa JPG dan BMP dimana pada JPG akurasinya mencapai 77,02% dan pada BMP sebesar 76,75%.Kata Kunci : Kata Kunci : Citra Digital, Steganografi, Steganalisis, Binary Similarity Measures, Support Vector Machine.ABSTRACT: Nowadays, with little help from technology we can embed secret message into any digital media. Steganography is one of the technique that can be used to embed secret message into digital media. Sometimes these Steganography technique is used to do some illegal sharing activity. An application that is capable of detect this kind of secret message, are required in many cases. This application can be used to prevent the secret message from being spread publicly.

Steganalysis is a science techniques used for detecting any steganographic message in any digital media. One of the steganalysis method is Binary Similarity Measures - Support Vector Machine. This method is classified as a blind steganalysis technique which means able to detect all steganography technique with high accuracy.

Based on the testing result, the Binary Similarity Measures - Support Vector Machine algorithm has an accuracy value reaching up to 77,28% for detecting LSB method and 76,49% for detecting F5 method. This steganalysis technique also can be used for various digital image format like JPG and BMP. The accuracy for JPG is 77,02% and for BMP is 76,75%. And more bigger the embedded message filesize it will be easier for this technique to detect the message.Keyword: Image, Steganography, Steganalysis, Binary Similarity Measures, Support Vector Machine.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Implementasi Steganalisis dengan Menggunakan Metode BSM-SVM pada Steganografi Citra Digital
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Anindito Setya Nugraha
Perorangan
Deni Saepudin, Adiwijaya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini