Analisis dan Impelementasi Algoritma Pewarnaan-f pada Beberapa Topologi

Abdurrahman Nagib

Informasi Dasar

113070153
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Jaringan komputer apabila kita amati akan membentuk suatu graf, mengatur. Apabila kita menggambarkan jaringan menggunakan suatu jaringan komputer menggunakan graf G(V,E). Dimana V adalah himpunan vertex yang menggambarkan komputer-komputer yang berada pada jaringan tersebut, dan E adalah himpunan edge yang menggambarkan jaringan menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya.
Pengolahan proses pada suatu jaringan dapat kita lakukan dengan melakukan pewarnaan pada graf, dan salah satu teknik pewarnaan adalah pewarnaan-f. Pada sistem pewarnaan-f suatu jaringan komputer akan digambarkan menggunakan suatu graf dan setiap vertex akan diberikan f(v), yang menggambarkan banyak komputasi yang dapat dilakukan oleh suatu komputer pada waktu yang bersamaan. Pada pewarnaan-f graf akan dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas 1(Cf1) dan (Cf2), dimana kelas 1 (Cf1) adalah kelas optimal. Pada Tugas Akhir ini, topologi graf yang digunakan adalah graf roda dan graf lengkap.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan graf yang termasuk ke dalam kelas 1 (Cf1) akan melakukan komputasi sebesar sedangkan pada graf yang termasuk kedalam kelas 2 (Cf2) yaitu . Dari situ terlihat bahwa graf yang termasuk dalam kelas 1 lebih optimal dibanding graf yang termasuk ke dalam kelas 2.
Kata Kunci : Pewanaan-f, Graf Roda, Graf Lengkap, Kelas Optimal, Topologi
ABSTRACT: When we observe the computer network, it will form a graph. If we draw a network using a computer network using graph G(V,E). where V is a set of vertex which represent computers on that network and E is a set of edge which represent network connecting one computer to the others.
We can do network processing using the graph coloring, and one of the coloring technique is f-coloring. On the f-coloring, every vertex will be given f(v), which represent how much of computation can be doing by a computer on the same time. On the f-coloring, graph will be divided into two classes, that is class 1(Cf1) and class 2 (Cf2), where class 1(Cf1) is optimal class. On this Final Project, graph topologies that I use are wheel graph and complete graph.
Based on research, graph that belong to the class 1(Cf1) will do the computation as big as while in the graph that belong to the class 2 (Cf2), that is . From there we can see the graph that belong on the class 1 is more optimal than the graph that belong on the class 2.
Keyword: F-coloring, Wheel Graph, Complete Graph, Optimal Class, Topology

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisis dan Impelementasi Algoritma Pewarnaan-f pada Beberapa Topologi
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Abdurrahman Nagib
Perorangan
Bayu Erfianto, Adiwijaya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini