Analisis dan Implementasi Penggunaan Biometrik Suara Ssebagai Pembangkit Kunci Kriptografi AES 128 bit

Dimas Priambodo

Informasi Dasar

113070149
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi pengenalan suara merupakan salah satu teknologi biometrik yang tidak memerlukan biaya besar serta peralatan khusus. Suara merupakan salah satu dari bagian tubuh manusia yang unik dan dapat dibedakan dengan mudah. Sistem yang dibangun pada penelitian ini adalah sistem verifikasi suara yang dapat memverifikasi/membuktikan identitas yang diklaim berdasarkan suara yang diberikan. Kemudian, dari hasil ekstraksi ciri suara tersebut akan dibangkitkan kunci kriptografi yang akan digunakan untuk proses enkripsi/ dekripsi dengan menggunakan algoritma AES 128 bit.

Sistem ini dibangun menggunakan metode MFCC (Mel Frequency Cepstrum Coefficients) sebagai proses ekstraksi ciri dan metode VQ (Vector Quantization) sebagai proses pencocokan ciri. Proses MFCC akan mengkonversi sinyal suara menjadi beberapa vektor yang berguna untuk proses pengenalan. Vektor ciri hasil proses MFCC selanjutnya akan dibandingkan dengan vektor ciri yang tersimpan dalam basis data melalui proses VQ berdasarkan identitas yang diklaim oleh user. Baik buruknya akurasi sistem dalam mengenali karakteristik suara dipengaruhi oleh jumlah parameter filterbank pada MFCC dan jumlah parameter centroid pada VQ.

Pengujian dilakukan untuk melihat tingkat akurasi dari sistem verifikasi pembicara dan tingkat akurasi dari proses pembangkitan kunci berdasarkan suara dari seorang user yang telah berhasil melakukan proses verifikasi. Hasil pengujian memperlihatkan tingkat kesalahan penggabungan metode MFCC dan VQ pada sistem verifikasi pembicara mencapai 7.5% untuk kesalahan penolakan (FRR) dan 5.7% untuk kesalahan penerimaan (FAR). Sedangkan untuk tingkat kesalahan pembangkitan kunci untuk seorang user yang telah berhasil melakukan verifikasi mencapai 38.5%.Kata Kunci : verifikasi pembicara, pembangkit kunci kriptografi, MFCC, VQ.ABSTRACT: Voice recognition technology is one of the biometric technology that does not requires a huge cost and special equipment. Voice is one of the unique parts of the human body and can be distinguished easily. The system built on this research is the speaker verification system to verify / prove the claimed identity based on the speech given. Then, based on the result of voice feature extraction, cryptographic keys will be generated to be used for encryption / decryption process using AES 128-bit algorithm.

The system is built using the MFCC (Mel Frequency cepstrum Coefficients) as the feature extraction process and VQ (Vector Quantization) as the process of feature matching. MFCC process will convert the voice signal into a useful vector for the recognition. Results of the MFCC feature vector will then be compared with the characteristic vectors stored in a database through the VQ based identity claimed by a user. Good or bad accuracy in recognizing the characteristic in the speaker verification system is affected by the number of parameters filterbank in the MFCC and the number of parameters centroid in the VQ.

Tests performed to see the accuracy of speaker verification system and the accuracy of the key generation process based on the voice of a user who has succeeded in doing the verification process. The test results showed an error rate of incorporation of MFCC and VQ method reaches 7.5% for false rejection rate (FRR) and 5.7% for the false acceptance rate (FAR). As for the key generation error rate for a user who has successfully verified reached 38.5%.Keyword: speaker verification, cryptographic key generator, MFCC, VQ.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Penggunaan Biometrik Suara Ssebagai Pembangkit Kunci Kriptografi AES 128 bit
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dimas Priambodo
Perorangan
Maman Abdurohman, Iwan Iwut Tirtoasmoro
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini