Implementasi Algoritma Intelligence Water Drop pada Cutting Stock Problem

Muhammad Rheza Iwanul Hakim

Informasi Dasar

113070126
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Cutting Stock Problem merupakan permasalahan krusial pada industri manufaktur. Raw material yang biasanya berukuran serta adanya permintaan yang berukuran lebih kecil dengan ukuran yang beragam menjadi masalah utama dari permasalahan ini. CSP adalah sebuah permasalahan dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Menemukan kombinasi yang tepat dari banyaknya pattern yang mungkin merupakan tantangan terberat dalam memecahkan kasus CSP.
Karena itu, tujuan dari tugas akhir ini adalah mengimplementasikan algoritma Intelligence water drop, yang cocok untuk permasalahan kombinatorial, untuk menghasilkan solusi optimum dalam waktu yang dapat diterima. Jenis permasalahan CSP yang akan dipecahkan adalah constraint 2 dimensional 2-stage guillotine. Algoritma ini telah diterapkan pada beberapa masalah kombinatorial yang lain dengan hasil yang memuaskan. Kelebihan utama dari sistem ini adalah kemampuan untuk memperbaiki solusi dan sistemnya sendiri.
Meskipun algoritma ini tidak bisa menjamin bahwa solusi yang diketemukan adalah solusi yang paling optimal dari setiap permasalahan, namun dari ketiga dataset algoritma ini berhasil mendapatkan solusi yang optimal.Kata Kunci : Cutting Stock Problem, guillotine, Intelligence WaterdropABSTRACT: Cutting stock problem is crucial problem in manufacture industry. The main problem is about raw material which have big size and smaller size of piece which have to produce from raw material. CSP is problem with high level of difficulties. Finding right combination among numerous patterns was the greatest challenge to solve this problem.
Therefore, the purpose of this final task is to implement intelligence waterdrop algorithm that suitable for combinatorial problem that can give an optimum solution as the result in reasonable time. constrainted 2 dimensional 2-stage guillotine is type of CSP that will be solve in this final task. This algorithm have already implement in many other combinatorial problem with great result. Best feature from this system is ability to fix the solution and the system itself.
altough this algorithm can’t give guarantee that the solution is the optimal one for every CSP problem. But in this experiment this algorithm can get optimal solution for all of the problem.Keyword: Cutting Stock Problem, guillotine, Intelligence Waterdrop

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Implementasi Algoritma Intelligence Water Drop pada Cutting Stock Problem
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Rheza Iwanul Hakim
Perorangan
Agung Toto Wibowo, Ade Romadhony
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini