Analisis dan Implementasi LUC untuk Penyandian Data Multimedia

Wira Yudha Sauma Prasetya

Informasi Dasar

113070122
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dewasa ini perkembangan bisnis konten digital telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Namun kemajuan ini turut melahirkan peluang baru bagi kejahatan klasik di bidang teknologi informasi, yaitu pembajakan. Konten-konten yang seharusnya menjadi properti legal dari produsen dan secara legal dimiliki oleh orang yang membelinya, bisa dengan mudah disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Alasan penggunaan data digital selain kemudahan dalam penyebarannya yaitu dengan menggunakan jaringan internet, juga dikarenakan kemudahan dan kemurahan dalam penggandaan serta penyimpanannya untuk digunakan dikemudian hari. Salah satu bentuk konten digital yang cukup sering mengalami kasus pembajakan adalah data multimedia.
Pada tugas akhir ini dilakukan analisis dan implementasi algoritma Luc untuk penyandian data multimedia dalam rangka pengamanan dalam proses pendistribusian data multimedia tersebut. Alasan pemakaian algoritma Luc adalah dilihat dari segi tingkat keamanan yang memiliki kesamaan dengan metode yang paling kuat dan banyak digunakan saat ini yaitu metode berbasis eksponen, juga dikarenakan algoritma Luc merupakan algoritma kriptografi kunci publik sehingga algoritma Luc tidak memerlukan proses pengamanan dalam pendistribusian kuncinya.
Berdasarkan seluruh hasil pengujian, sistem penyandian data multimedia menggunakan algoritma Luc memiliki performansi yang baik. Kecepatan rata-rata untuk proses enkripsi adalah 170 Kb/second, sedangkan kecepatan rata-rata untuk proses dekripsi adalah 163 Kb/second. Rasio antara cipherteks yang dihasilkan terhadap pesan adalah 1,01.
Kata Kunci : penyandian, data multimedia, algoritma Luc, enkripsi, dekripsiABSTRACT: Today the business development of digital content has progressed very rapidly. But these advances also gave birth to new opportunities for classic crime in the field of information technology, that is piracy. Content that should be the legal property of the manufacturer and is legally owned by the person who bought it, could easily be misused by parties who are not responsible. The reasons of the use of digital data are the easily distribution over the internet, also due to the ease and grace in the multiplication and storage for future use. One form of digital content which is quite often be a victim of piracy is the multimedia data.
In this final project the task that have been done is implementation of Luc algorithm on multimedia data in the framework of security for the distribution process of multimedia data. The reason of the use of Luc algorithm are in terms of security levels that have in common with the methods of the most powerful and widely used today (exponent based methods), also due to the fact that Luc algorithm is an public key cryptography algorithm so that Luc algorithm does not require the security process in the distribution of the key.
Based on the results of testing, the system of encoding multimedia data using Luc algorithm has good performance. Average encryption speed is 170 Kb/second, while the average decryption speed is 163 Kb/second. The ratio between the resulting ciphertext and message is 1,01.
Keyword: encryption, multimedia data, Luc algorithm, encryption, decryption

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisis dan Implementasi LUC untuk Penyandian Data Multimedia
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Wira Yudha Sauma Prasetya
Perorangan
Maman Abdurohman., Dodi Wisaksono Sudiharto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini