Implementasi dan Analisis Elliptic Curve Digital Signature Algorithm(ECDSA), SHA 256, dan Kriptosistem Kurva Ellips pada SMS-Banking

Yogy Fresta Rahmawan

Informasi Dasar

113070121
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat membuat kebutuhan akan informasi semakin penting. Hal inilah yang mengilhami suatu bank untuk mengimplementasikan suatu layanan transaksi yang sering disebut dengan sms-banking. Namun, sms-banking yang diimplementasikan saat ini tidak menjamin data keamanan para nasabahnya. Ancaman keamanan tersebut meliputi pihak ketiga yang ingin menyadap transkasi antara nasabah dengan bank. Salah satu cara mengatasi celah keamanan tersebut adalah dengan mengimplementasikan suatu algoritma kriptografi. Metode yang digunakan adalah ECDSA untuk tanda tangan digital dan suatu algoritma ECC yaitu ECIES untuk enkripsi pesan. ECDSA dan ECIES merupakan salah satu algoritma kunci publik yang berbasis kurva elips. Aplikasi ini akan diimplementasikan pada bahasa pemrograman java yang terdiri dari klien yang menggunakan J2ME dan server yang menggunakan J2EE.

Tugas akhir ini akan menganalisis parameter waktu performansi dari tiap domain parameter yang direkomendasikan NIST, parameter keamanan, dan parameter kriptografi(autentikasi,non repudiasi,integritas, dan confidentiality). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa Perpaduan algoritma ECDSA dan ECIES dapat menjamin terpenuhinya semua aspek keamanan kriptografi yaitu aspek autentikasi,non repudiasi, integritas data dan confidentiality. Dalam penelitian ini juga didapatkan bahwa domain parameter yang paling cocok diterapkan pada telepon seluler adalah NIST 163.

Kata Kunci : ECDSA,ECIES, domain parameter, enkripsi, tanda tangan digitalABSTRACT: The development of information technology is increasingly rapidly create the need for more important information. This is what inspires a bank to implement a transaction service that is often referred as SMS-Banking. However, sms-banking are implemented at this time does not guarantee the data security of its customers. Security threats include third parties who want to tap transaction between customer and bank. One way to overcome these vulnerabilities is to implement cryptographic algorithm. The method used is ECDSA for digital signature and an ECC algorithm that called ECIES for message encryption. ECDSA and ECIES is one of public key algorithm based on elliptic curves. This application will be implemented in java programming language that consist of a client who uses J2ME and server that used J2EE.

This undergraduate thesis will analyze the time performance parameters off each domain parameters that recommended by NIST, security parameters, and parameters of cryptography(authentication, non repudiation, integrity, and confidentiality). Based on research results obtained the conclusion that the combination of algorithm ECDSA and ECIES cam guarantee the fulfillment of all aspects cryptography security such as aspects authentication, non repudiation, integrity, and confidentiality. In this research also concluded that the most suitable domain parameters for cell phone is NIST 163.
Keyword: ECDSA,ECIES,domain parameters, encryption, digital signature

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Implementasi dan Analisis Elliptic Curve Digital Signature Algorithm(ECDSA), SHA 256, dan Kriptosistem Kurva Ellips pada SMS-Banking
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yogy Fresta Rahmawan
Perorangan
Maman Abdurohman, Dodi Wisaksono Sudiharto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini