Implementasi Cuckoo Search Algorithm pada Travelling Salesman Problem Menggunakan Levy Flight

Herlambang Bayu P

Informasi Dasar

113070113
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Cuckoo Search (CS) merupakan salah satu dari Nature-Inspired Algorithms memiliki performa yang mengesankan pada permasalahan optimasi untuk kasus bilangan real. CS pun menjanjikan performa yang baik untuk kasus permasalahan diskret, seperti masalah kombinatorial Travelling Salesman Problem karena adanya operasi Lévy Flights yang menjadi operator ampuh dalam pencarian.

Tugas Akhir ini memperkenalkan CS untuk menyelesaikan permasalahan TSP yang bersifat simetris. Pengembangan utama CS untuk TSP ini berinti pada operasi Lévy Flights dengan dikembangkan operasi inverse mutation.

Hasil pengujian menunjukkan CS dapat bekerja dengan baik pada TSP. Dari empat pengujian, CS memberikan solusi optimum untuk kasus pertama dan keempat, pada kasus kedua dan ketiga CS memberikan solusi yang cukup baik.Kata Kunci : cuckoo search, travelling salesman problem, lévy flights, inverse mutationABSTRACT: Cuckoo Search(CS) is one of many Nature-Inspired Algorithms that has an impressive performance on optimization problems for the case of real numbers. CS also promises good performance for the case of discrete problems such as combinatorial problem the Travelling Salesman Problem due to Levy Flights operation that become a powerful operator in searching process.

This Final Assignment introduces CS to complete the one-dimensional symmetric TSP. CS major development for this TSP lies in Levy Flights, which is modified with inverse mutation.

The test results indicate that CS also performs well for the TSP. From the four cases examined, CS managed to find a solution for the first dan the last case, CS gave a good result for the second dan the third case.Keyword: cuckoo search, travelling salesman problem, lévy flights, inverse mutation

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Implementasi Cuckoo Search Algorithm pada Travelling Salesman Problem Menggunakan Levy Flight
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Herlambang Bayu P
Perorangan
Suyanto, Deni Saepudin . .
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini