Analisis dan Implementasi Algoritma Fast Winner Search pada Self-organizing Maps dan N-Gram (Studi Kasus Network Intrusion Dection System)

diaz sastiardi munarso

Informasi Dasar

113070102
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Saat ini Internet sudah sangat popular dan sudah menjadi sebagian gaya hidup masyarakat modern. Jadi dibutuhkan adanya proteksi untuk menghalau serangan dari aktivitas yang merugikan pengguna Internet, salah satunya dengan membangun Intrusion Detection System (IDS). IDS komersial yang telah ada kebanyakan bersifat pasif dengan menggunakan informasi yang sudah ada, sedangkan serangan yang baru dan belum ada di data histori, masih akan tetap menyerang pengguna Internet.Untuk mengatasi hal ini maka pada tugas akhir ini dibuat aplikasi IDS berbasis jaringan dengan memanfaatkan Algoritma Fast Winner Search pada Self-Organizing Maps dan N-Gram. Aplikasi ini memberikan informasi mengenai paket intrusi dan akurasi proses deteksi. Dari proses pengujian didapatkan akurasi rata-rata 80% .Semakin banyak paket intrusi dan paket bukan intrusi yang dideteksi dengan benar, maka akurasi makin besar.Namun pada penelitian ini, paket intrusi yang terdeteksi sangat kecil, sedangkan paket bukan intrusi terdeteksi banyak dan benar. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi IDS dengan Algoritma Fast Winner Search pada Self-Organizing Maps dan N-Gram cocok untuk deteksi intrusi, namun masih terdapat kekurangan yang harus diperbaiki.Kata Kunci : IDS, intrusi, Fast Winner Search, Self-Organizing Maps, N-GramABSTRACT: Nowadays, internet has been part of modern life style. Therefore, it is necessary to have protection to guard internet user from malicious activities, such as building Intrusion Detection System (IDS). Almost commercial IDS are now passive which is using attack information that has been known, while new attack that hasn’t been known will still attack internet user.To overcome this, this final project build IDS application with Fast winner search algorithm on Self-organizing maps and N-Gram. This application gives information about packet intrusion and accuration from detection process. From the testing process, the average accuration is 80% . The more packet intrusion and packet non-intrusion that are true detected, the better of detection accuration. Meanwhile, in fact, packet intrusion that is true detected are few, packet non-intrusion that is true detected are large. It shows that IDS application built by Fast winner search algorithm on Self-organizing maps and N-Gram is suitable for intrusion detection, but it also have some drawbacks that needs to be repaired.Keyword: IDS, intrusion, Fast Winner Search, Self-Organizing Maps, N-Gram

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Algoritma Fast Winner Search pada Self-organizing Maps dan N-Gram (Studi Kasus Network Intrusion Dection System)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

diaz sastiardi munarso
Perorangan
Imelda Atastina, Niken Dwi Wahyu Cahyani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini