Analisis QoS dengan menggunakan Buffer Management (RED) dan Schedule Fair Queue pada jaringan LAN (Local Area Network)

Marven F Sianipar

Informasi Dasar

113070061
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: VoIP (Voice Over IP) adalah suatu teknologi IP Telephony yang sedang berkembang saat ini. Paket suara yang pada awalnya dilewatkan pada jaringan telepon, mulai dikembangkan dengan melewatkan paket suara pada jaringan IP. VoIP sangat sensitive terhadap delay, karena delay yang besar akan mengakibatkan informasi yang didengar menjadi tidak jelas. Sedangkan, pada jaringan IP sendiri Congestion pasti akan terjadi. Congestion ini akan menyebabkan delay akan semakin bertambah besar. Oleh sebab itu dibutuhkan mekanisme Quality of Service untuk mengurangi dampak dari congestion tersebut.

Pada tugas akhir ini akan coba membandingkan antara Buffer Management (RED) dan Schedule Fair Queue. Random Early Detection (RED) adalah suatu Active Queue Management (AQM) yang akan mengatur Buffer di dalam router untuk mendeteksi akan terjadinya congestion. Sedangkan Fair Queue sendiri merupakan suatu mekanisme panjadwalan dengan membuat beberapa antrian yang akan dijadwal dengan round robin.

Implementasi RED dan Fair Queue akan menggunakan GNS3 sebagai emulator router, dan akan dijalankan pada lingkungan Local Area Network (LAN).

Hasil pengujian menunjukkan bahwa dengan Fair Queue akan menghasilkan QoS yang lebih baik dari Random Early Detection (RED) untuk background traffic yang besarKata Kunci : VoIP, RED, Fair queue, QoS,delay,jitter,packet loss,throughputABSTRACT: VoIP(Voice Over IP) is an IP Telephony Technology that is growing today.Voice packet that firstly through in telephon network, begin to develop with let through the voice packet in IP network.

VoIP is very sensitive to delay, because a great delay will cause information that have been heard can‟t be clear.At the same time, in IP network,the congestion will inevitably occur.This congestion, will cause delay be greater.Thus, it needed a mechanism Quality of Service to reduce the impact of congestion.

In this Final Project, will be trying to compare about Buffer Management (RED) and Fair Queue Schedule. Random Early Detection (RED) is an Active Queue Management (AQM) that will control Buffer in router to detect congestion.Thus, Fair Queue is a schedule mechanism that will make some queue that will be scheduling wit round robin manner.

Implementation of RED and Fair Queue will be using GNS3 as an router emulator, and be running Local Area Network (LAN) environment.

The result shows that Fair Queue give a better QoS than Random Early Detection to a great background trafficKeyword: web server, throughput, fastest connection first, performance.

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisis QoS dengan menggunakan Buffer Management (RED) dan Schedule Fair Queue pada jaringan LAN (Local Area Network)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Marven F Sianipar
Perorangan
Maman Abdurrahman, Rachmat Hariyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini