Implementasi Vehicle Routing Problem Menggunakan Algoritma Multiobjective Ant Colony System

Jati Ridho Indrawan

Informasi Dasar

113070051
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: VRP adalah sebuah masalah optimalisasi perutean kendaraan yang mentitikberatkan pada pendistribusian produk dari sebuah depot ke sejumlah pelanggan pada titik tujuan yang terpisah dengan sejumlah kendaraan. Pada dunia nyata sering sekali permasalahan VRP bertemu dengan obstacle berupa kemacetan. Kemacetan tersebut dapat mempengaruhi waktu tempuh total perjalanan yang diperlukan oleh kendaraan, sehingga menyebabkan cost yang dikeluarkan perusahaan semakin bertambah dari sisi bahan bakar kendaraan. Salah satu penyebab kemacetan yaitu volume lalu lintas yang besar di sebuah jalan tidak diimbangi dengan kapasitas jalan yang ada atau yang lebih sering dikenal sebagai permasalahan V/C ratio.

Dalam Tugas Akhir ini digunakan algoritma Multiobjective Ant Colony System dalam menyelesaikan masalah VRP dengan tingkat kemacetan sebagai suatu obstacle. Di dalam algoritma ini terdapat probabilitas suatu jalan untuk terpilih yang mempengaruhi pemilihan jalan yang diambil oleh kendaraan. Di dalam probabilitas tersebut Penulis sisipkan tingkat kemacetan yang berasal dari V/C ratio sebagai tambahan parameter yang mempengaruhi nilai dari probabilitas tersebut.

Dari hasil simulasi dapat diketahui bahwa semakin tinggi nilai tingkat kemacetan suatu jalan maka semakin kecil probabilitas jalan tersebut untuk terpilih sehingga menyebabkan rute yang dihasilkan dapat berbeda dan sistem yang dibangun menggunakan nilai tingkat kemacetan pada probabilitas terpilihnya menghasilkan solusi yang lebih baik dari sisi total waktu perjalanan daripada sistem yang tidak melibatkan nilai tingkat kemacetan pada permasalahan VRP dengan tingkat kemacetan suatu jalan sebagai suatu obstacle.Kata Kunci : VRP, kemacetan, V/C ratio, Multiobjective Ant Colony SystemABSTRACT: VRP is an optimization problem of routing vehicles that concern on the distribution of products from a depot to a number of customers at the point of destination are separated by a number of vehicles. In the real world VRP problems often met with the obstacle of of congestion. Congestion can affect the total trip travel time required by the vehicle, causing the cost incurred by the company growing in terms of vehicle fuel. One cause of congestion is a huge volume of traffic in a way not matched by the capacity of existing roads or more commonly known as the problems of V / C ratio.

In this Final Task used Multiobjective Ant Colony System algorithm in solving VRP problems with congestion levels as an obstacle. Inside the algorithm there is a probability to select a path that influencing the selection of the path taken by the vehicle. Inside the probability, Writer paste congestion level that comes from the V/C ratio as an additional parameter that affects the value of these probabilities.

From the simulation results can be seen that the higher the value of a road congestion levels, the smaller the probability of such roads for elected thus causing the resulting route can be differen and system that has built using the level of congestion on the probability of the election result in better total travelling time solutions than systems that do not involve the level of congestion on the VRP problem with the level of congestion of a road as an obstacle.Keyword: VRP, congestion, V / C ratio, Multiobjective Ant Colony System

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Implementasi Vehicle Routing Problem Menggunakan Algoritma Multiobjective Ant Colony System
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Jati Ridho Indrawan
Perorangan
Bayu Erfianto, Ema Rachmawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini