Implementasi dan Analisis VRRP (Virtual Router Redundancy Protocol) pada Jaringan Broadband Nirkabel dengan Studi Kasus Aplikasi FTP

Zulkarnain Wahyu Adi Saputra

Informasi Dasar

113070049
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Beberapa tahun belakangan ini pertumbuhan sistem informasi yang menggunakan media komputer semakin berkembang pesat. Banyak aplikasi yang bersifat realtime dan membutuhkan koneksi jaringan yang handal dan memenuhi standar QoS.

Teknologi broadband nirkabel semakin menjanjikan. Berkembangnya infrastruktur pendukung membuat teknologi ini memiliki kecepatan yang semakin baik. Dengan kemudahan penggunaan dan kecepatan yang menjanjikan membuat teknologi ini menjadi pilihan pertama untuk menghubungkan komputer dengan Internet.

VRRP (Virtual Router Redundancy Protocol) merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk mempertahankan link dengan menerapkan sistem cadangan. Ketika sebuah router yang bertindak sebagai router master mengalami gangguan, maka VRRP akan mengatur mekanisme perutean paket data sehingga paket data akan dialihkan melalui router lain yang disebut router backup.

Konfigurasi jaringan broadband nirkabel yang di integrasikan dengan router VRRP digunakan untuk menghubungkan client dengan server. Diharapkan dengan penggunaan VRRP ini jaringan akan semakin handal dan availabilitas jaringan semakin terjagaKata Kunci : VRRP, QoS, broadband, wirelessABSTRACT: In a few years, the growth of information system that use computer is growing rapidly. Many application are realtime system and requires a reliable network connection that fit standard QoS requirement.

Wireless broadband technology more promising. The development of supporting infrastructure make this technology has a better speed. With the ease of use and better speed make this technology as a first choice for connecting computer to the Internet.

VRRP (Virtual Router Redundancy Protocol) is one of the techniques used to maintain link with implementing a backup system. When the master router crash, VRRP will set routing mechanism to send data packet to another router called backup router.

Wireless broadband network that integrated with VRRP router is used to connect the client to server. Using VRRP technologi be expected to make network more reliable and increase network availability.Keyword: VRRP, QoS, broadband, wireless

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Implementasi dan Analisis VRRP (Virtual Router Redundancy Protocol) pada Jaringan Broadband Nirkabel dengan Studi Kasus Aplikasi FTP
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Zulkarnain Wahyu Adi Saputra
Perorangan
Niken Dwi Cahyani,
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini