Analisis Performansi Algoritma Penjadwalan M-LWDF, EXP-Rule, dan LOG-Rule pada Jaringan LTE

Selamet Catur Irayulian

Informasi Dasar

113070005
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Long Term Evolution (LTE) merupakan generasi lanjutan dari jaringan komunikasi wireless yang berdasarkan sistem Internet Protokol (IP). LTE sendiri adalah evolusi HSxPA menuju 4G yang memberikan kecepatan dan kapasitas data yang besar. Kecepatan yang diberikan LTE saat download dapat mencapai hingga 100 Mbps dan upload hingga 50Mbps. Dengan kecepatan yang diberikan, ini akan berdampak positif pada layanan-layanan multimedia yang disediakan operator telekomunikasi seperti voice over IP, video streaming, dan layanan data. Untuk mendapatkan hasil yang optimum dibutuhkan penjadwalan yang tepat. Saat ini, kebanyakan algoritma penjadwalan yang diteliti hanya mempertimbangkan throughput maksimal dan fairness tanpa memperhatikan jenis trafik yang dilewatkan. Padahal, tidak semua user membutuhkan throughput yang sama besar, yang dibutuhkan adalah kesesuaian pengendalian delay untuk tiap trafik dengan tetap memperhatikan batasan throughput.
Disini penulis mencoba membandingkan beberapa algoritma penjadwalan yang memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda-beda. Algoritma tersebut adalah M-LWDF, EXP-Rule, dan Log-Rule.
Dari hasil simulasi dari beberapa skenario dapat disimpulkan bahwa algoritma EXP-Rule memiliki performansi yang lebih baik untuk jenis trafik video, mekanisme non QoS memiliki performansi yang lebih baik untuk jenis trafik voip dan algoritma MLWDF memiliki performansi yang lebih baik untuk jenis trafik BE dan Mix.Kata Kunci : LTE, M-LWDF, EXP-Rule, Log-RuleABSTRACT: Long Term Evolution (LTE) is the next generation of wireless communication network system based on Internet Protocol (IP). LTE itself is HSxPA evolution to 4G that provides speed and large data capacity. Given LTE speeds when downloading can reach up to 100 Mbps and uploads up to 50Mbps. With a given speed, this will have a positive impact on multimedia services provided by telecom operators such as voice over IP, streaming video, and data services. To obtain optimum results it takes proper scheduling. Currently, most of the studied scheduling algorithms only consider the maximum throughput and fairness regardless of the type of traffic that is passed. In fact, not all users require the same throughput great, all it takes is the suitability of delay for each traffic control with regard to throughput constraints.
Here the authors tried to compare several scheduling algorithms that have the properties and characteristics of different. The algorithm is M-LWDF, EXP-Rule, and log-Rule.
From the simulation results of multiple scenarios can be concluded that the EXP-Rule algorithm has better performance for video traffic types, non-QoS mechanisms have better performance for this type of VoIP traffic and MLWDF algorithm has better performance for BE traffic types and Mix.Keyword: LTE, M-LWDF, EXP-Rule, Log-Rule

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisis Performansi Algoritma Penjadwalan M-LWDF, EXP-Rule, dan LOG-Rule pada Jaringan LTE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Selamet Catur Irayulian
Perorangan
Maman Abdurohman, Gandeva Bayu Satrya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini