ANALISIS DAN IMPLEMENTASI METODE EVIDENTIAL REASONING UNTUK PEMILIHAN PEMENANG TENDER PENGADAAN BARANG (studi kasus : PT. Jasa Marga cabang Purbaleunyi)

Muhammar Priyandana

Informasi Dasar

113068046
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pemilihan pemenang tender yang tepat merupakan keputusan yang kompleks bagi perusahaan yang mengadakan tender. Hal ini dikarenakan pemilihan pemenang tender yang tepat merupakan tipikal permasalahan multi kriteria yang melibatkan kriteria kualitatif dan kriteria kuantitatif. Oleh karena itu penentuan keputusan multi krtiteria sangat dibutuhkan dalam penilaian masalah ini.
Pada tugas akhir ini metode evidential reasoning (yang dapat mengatasi permasalahan yang melibatkan permasalahan dengan kriteria kualitatif dan kuantitatifz) diterapkan untuk menyelesaikan masalah pemilihan pemenang tender pengadaan barang ini. Dari hasil penilitian pada tugas akhir ini dapat disimpulkan bahwa metode evidential reasoning dapat mengurangi subjektifitas dalam pemilihan pemenang tender dibandingkan dengan metode sebelumnya yang dipakai pihak PT Jasa Marga.
Kata Kunci : penentuan keputusan, evidential reasoning, tenderABSTRACT: Selecting the ‘right’ winner is a complex decision for company who organize goods procurement tender. Because process selecting the ‘right’ winner is typical multiple criteria decision-making problem that embraces both quantitative and qualitative criteria. A multiple criteria decision-making method is then needed in order to deal with such assessments.
In this paper the evidential reasoning (ER) approach (which is capable of processing both quantitative and qualitative criteria) is applied as a means of solving the tender winner selection problem. Conclusion of this papper is evidential reasoning method can reduce subjectivity in election tender winner compared to previous method that PT Jasa Marga used.
Keyword: decision making, evidential reasoning, tender

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

ANALISIS DAN IMPLEMENTASI METODE EVIDENTIAL REASONING UNTUK PEMILIHAN PEMENANG TENDER PENGADAAN BARANG (studi kasus : PT. Jasa Marga cabang Purbaleunyi)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammar Priyandana
Perorangan
Retno Novi Dayawati, Angelina Prima Kurniati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini