Implementasi dan Analisis Steganografi pada Protokol IP dengan Metode Manipulasi Paket Header Menggunakan Algoritma Lempel-Ziv-Welch sebagai Metode Encoding Compression

Erwin Saut Martua Sinaga

Informasi Dasar

113068045
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Steganografi adalah salah satu teknik penyembunyian. Dengan memanfaatkan keterbatasan manusia untuk mendeteksi pesan yang tidak berbentuk teks yang mudah terlihat, steganografi menyembunyikan pesan di dalam pesan lain yang bisa berupa teks, gambar, dan sebagainya.
Saat ini telah banyak pendekatan steganografi pada file gambar, file audio tetapi masih jarang menggunakan pendekatan pada jaringan komputer. Dalam tugas akhir ini diimplementasikan teknik steganografi pada jaringan dengan melakukan manipulasi paket header yaitu field ip identification dari protokol IP. Dimana nilai ip identification ini akan digantikan oleh bit bit yang tidak lebih dari 2 byte, hasil dari encode dan kompresi pesan oleh algoritma Lempel-Ziv-Welch.
Komunikasi pada jaringan komputer tidak terlepas dari kemungkinan terjadinya paket yang loss, oleh karena itu dilakukan pengujian untuk melihat apakah proses steganografi sesuai dengan tujuan steganografi yaitu menyembunyikan pesan rahasia, dimana pesan rahasia tersebut dapat diambil kembali.
Hasil yang ditunjukkan pengujian menunjukkan dari semua pengiriman yang dilakukan, semua pesan rahasia dapat diambil kembali.
Kata Kunci : Steganografi, covert channel, LZW, Protokol IPABSTRACT: Steganografi is one of hidden technic. With using human limitation to detect message that not in a text form which easily to see, steganografi hide message in another message can be in the form of text, picture, etc.
Today so many steganografi approach using picture file, audio file, but still rare using this approach at the computer network. In this final assigment, steganografi tehcnic implemented to the network with manipulate header packet like field ip identification from Ip Protocol. The value of IP identification will replace by decimal bits that not more than 2byte, the result from encode and message compressed by algorithme lempel ziv welch.
Communication at computer network can’t be avoid from several packet that slip off, so it really needs calibration to check wether the steganografi process at the network fit with the objective of steganografi to hide secret mesage, that can take back.
The result from this testing show from all of secret message sending, all of secret message can take back.
Keyword: Steganography, covert channel, LZW, IP Protokol.

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Implementasi dan Analisis Steganografi pada Protokol IP dengan Metode Manipulasi Paket Header Menggunakan Algoritma Lempel-Ziv-Welch sebagai Metode Encoding Compression
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Erwin Saut Martua Sinaga
Perorangan
Maman Abdurohman, Niken Dwi Wahyu Cahyani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini