Desain dan Analisis Sistem Pemandu Pencarian Jalur Alternatif Tercepat Berbasis Short Message Service (SMS) menggunakan Metode Uniform Cost Search (UCS) Study Kasus di Bandung

Fonny Prasmono Adi

Informasi Dasar

113068038
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Seiring peningkatan tingkat mobilitas di kota Bandung menyebabkan timbulnya kebutuhan teknologi untuk mengakses informasi tersebut secara mobile pula. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem untuk menerima data yang dibutuhkan, memproses data tersebut hingga mengirimkan output yang sesuai dengan input yang diterima. Untuk itu, dibutuhkan SMS gateway untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan untuk menerima input, memproses dan mengoutputkan informasi.
Semua informasi lalu lintas kota Bandung tersimpan dalam database aplikasi. Pengguna dapat me-request informasi tersebut dengan cara mengirimkan pesan terformat melalui SMS. SMS tersebut diterima oleh aplikasi melalui SMS Gateway yang dihubungkan dengan aplikasi. Aplikasi mem-parsing pesan yang diterima. Setelah itu, aplikasi melakukan pencarian solusi alternatif sesuai kode node asal dan kode node tujuan. Aplikasi akan mengirimkan solusi yang dihasilkan kepada pengguna melalui media SMS gateway yang terhubung dengan aplikasi pencarian.
Dari hasil pengujian memperlihatkan bahwa delay waktu pencarian dari node asal ke node tujuan akan berbanding lurus dengan jumlah node yang ter-expand. Solusi yang dihasilkan merupakan solusi untuk mencapai tujuan dengan waktu tempuh yang paling kecil.
Kata Kunci : UCS, SMS, Delay, kota Bandung, alternative tercepat.ABSTRACT: Raising level of mobility in Bandung cause technology needed for mobile access information. So, indispensable a system to acceptance data, process and send the output system. To that, needed SMS Gateway to fulfill requirement of acceptance input, process and send the output of process.
All information traffic of Bandung city saved into database. User can request that information in a way to send message form by SMS. Aplikasi receive message pass through SMS Gateway that connect to application. Application parse received message. Thereupon, application search alternative solution agree with source code and destination node. Application send output solution to user by SMS Gateway that connect to application.
Test result is showing that delay searching application from source node to destination node direct proportional with expanded node count. Solution result constitute fastest time to the destination.
Keyword: UCS, SMS, Delay, Bandung city, fastest time.

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Desain dan Analisis Sistem Pemandu Pencarian Jalur Alternatif Tercepat Berbasis Short Message Service (SMS) menggunakan Metode Uniform Cost Search (UCS) Study Kasus di Bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fonny Prasmono Adi
Perorangan
Andrian Rakhmatsyah , Niken Dwi Wahyu Cahyani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini