ANALISIS PENGUKURAN EFEKTIVITAS SEARCH ENGINE

Rafika

Informasi Dasar

113068014
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Setiap search engine memiliki algoritma dan caranya sendiri untuk menghasilkan query result. Permasalahnya adalah sejauh mana query result yang dihasilkan oleh search engine yang document collectionnya berupa freetext document relevan dengan informasi yang diinginkan oleh user berdasakan query inputan berupa Common Query Languange. Dalam tugas akhir ini, Common Query Languange yang digunakan adalah simple query dan boolean query.
Karena keterbatasan untuk mengetahui cara dan bagaimana search engine menghasilkan query result, untuk menguji kehandalan dari query result tersebut dapat dilakukan dengan cara menganalisis efektivitas dari masingmasing search engine. Efektivitas dapat di ukur dari beberapa parameter pengukuran diantaranya adalah precision. Precision adalah jumlah kelompok dokumen relevan dari jumlah dokumen yang ditemukan oleh system. Selain itu diperlukan sebuah penilaian subjektif yang dilakukan oleh user yang disebut dengan satisfaction. Satisfaction ini merupakan questioner yang akan menganalisis secara langsung interaksi antara user dengan search engine.
Dari hasil analisis hubungan antara nilai precision yang diperoleh dari sistem dan hasil satisfaction user dapat disimpulkan bahwa, baik simple maupun boolean query secara umum, Google dapat dikatakan memiliki efektivitas yang lebih baik daripada Yahoo.Kata Kunci : Search engine. Free-Text Document, Common Query Language, Precision, Satisfaction.ABSTRACT: Each search engine has its own algorithm and how to produce a query result. The problem is the extent to which a query result generated by search engines which document collectionnya free-form text document with relevant information desired by the user's query input form berdasakan Common Query Languange. In this final task, the Common Query Languange used are simple queries and boolean queries.
Because of the limitations and how to find out how the search engine query result, to test the reliability of the query result can be carried out by analyzing the effectiveness of each search engine. Can measure the effectiveness of several parameters such as Precision Measurement. Precision is the number of groups of relevant documents from a document found by the system. In addition, required a subjective assessment made by a user called with satisfaction. Satisfaction is a questioner who will analyze the direct interaction between the user with a search engine.
From the results of the analysis of the relationship between values obtained from the Precision system, and the results satisfaction user can conclude that, whether simple or boolean queries in general, Google can be said to have the effectiveness that is better than Yahoo.Keyword: Search engine. Free-Text Document, Common Query Language, Precision, Satisfaction.

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

ANALISIS PENGUKURAN EFEKTIVITAS SEARCH ENGINE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rafika
Perorangan
Yanuar Firdaus A.W., Retno Novi Dayawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini