KONVERSI DAN MANAJEMEN METADATA XLS KE ORACLE UNTUK BEBERAPA KONDISI SHEET

Rindu Marutho Simbolon

Informasi Dasar

113068013
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kebutuhan akan adanya sarana untuk menyimpan, mengatur dan mengolah data atau informasi pada perusahaan mengharuskan perusahaan membangun sebuah sistem basis data sebagai wadah penyimpanan data bagi perusahaannya.
Di awal perkembangan media komputer, Excel merupakan sebagai tools yang tergolong ampuh untuk melakukan penyimpanan data. Akan tetapi perkembangan teknologi meningkat secara bertahap. Penggunaan media penyimpanan data Excel mulai di kembangkan ke arah yang lebih kompleks. Hal ini terlihat dengan keberadaan media penyimpanan data yang memiliki kapasitas jauh lebih besar seperti : Oracle, MySql, SQL-server, dll.
Keberadaan tools ini membuat suatu peralihan dari sistem Excel ke media-media lain yang dirasakan lebih kompleks. Akan tetapi tidak semua kalangan melakukan peralihan ini pada saat itu. Faktor penyebab utama adalah kurangnya informasi mengenai keberadaan tools ini, selain itu faktor kurangnya pengetahuan untuk menggunakan tools tersebut. Namun hingga saat ini penggunaan media penyimpanan data seperti : Oracle, MySql dll sudah mulai memasyarakat di berbagai kalangan. Akan tetapi timbul suatu kesulitan bagi pengguna untuk melakukan migrasi dari media penyimpanan data sebelumnya. Pada kasus ini Excel sebagai media penyimpanan lama di pindahkan ke media penyimpanan data yang lebih kompleks seperti Oracle. Dalam hal ini pengguna mengharapkan suatu tools yang mampu melakukan konversi secara dinamis kedalam Oracle dalam bentuk tabel-tabel metadata sesuai dengan masukan yang diterima berupa file ber-ekstensi Excel.
Dalam tugas akhir ini diperoleh perbandingan waktu yang diperlukan pada proses migrasi data menggunakan perangkat lunak konversi data tabel dibanding dengan cara menginputkannya satu per satu melalui aplikasi input data dan tools umum yang digunakan. Data yang dihasilkan oleh perangkat lunak konversi juga bersifat valid atau sesuai kebenarannya dengan data inputan.
Kata Kunci : Excel, migrasi, Oracle.ABSTRACT: The requirement about medium to save, arrange and process data or information oblige enterprise to develop a database management system.
In the early growth of computer media, Excel represent as tools pertained nicely to do some depository data. However technological growth mount step by step. Use of storage media of data Excel start to developing up at more complex. We can see the existence of storage media at data owning capacities much more big like : Oracle, Mysql, SQLSERVER, etc.
This existence Tools make an switchover from Excel to more complex media. However, not all of circle take the switchover at that moment. The main cause is the lack of information of concerning this existence tools, others factor is lack of knowledge to use it. But till in this time use of storage media (Oracle, Mysql, etc) have started applied in social activities in various circle. However, arising some difficulty for consumer to do the migration from storage media previous data. In this case, Excel as old storage media in carrying over to the more complex storage media like Oracle. In this case consumer expect some tools that capable to do the conversion dynamicly into Oracle which consist of metadata table in Excel.
On this final project result that comparison of time needed on data migration using convertion software, manually migration and the generally tools. Data output by convertion software are valid too, according to the truth of data input.Keyword: Excel, migration, Oracle.

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

KONVERSI DAN MANAJEMEN METADATA XLS KE ORACLE UNTUK BEBERAPA KONDISI SHEET
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rindu Marutho Simbolon
Perorangan
Yanuar Firdaus A.W., Arie Ardiyanti Suryani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini