Analisis dan Implementasi Decorator Pattern (Studi Kasus: Aplikasi Grid-Paging dengan ExtJS)

Dawam Dwi Jatmiko Suwawi

Informasi Dasar

113061098
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Inheritance merupakan salah satu konsep pemrograman berorientasi objek yang mendukung reusability.Atribut atau method dari kelas-kelas yang ada dapat diperluas dan digunakan oleh kelas-kelas yang memiliki kesamaan (subclass) tanpa harus mendefinisikan ulang. Akan tetapi, ketika konsep ini diterapkan pada kasus yang membutuhkan penambahan responsibility suatu objek secara dinamis, justru akan terjadi permasalahan lainnya seperti ledakan kelas, desain yang kaku, atau penambahan fungsionalitas pada superclass yang tidak tepat untuk subclassnya. Decorator pattern memberikan alternatif untuk melakukan subclassing agar perluasan fungsionalitas pada sebuah objek dapat dilakukan secara dinamis pada saat runtime program.
Tugas akhir ini menganalisis implementasi desain kelas yang menggunakan decorator pattern pada aplikasi Grid-Paging dengan menggunakan ExtJS. Implementasi decorator pattern tersebut selanjutnya diukur complexity, productivity dan reusability-nya dengan menggunakan object oriented metrics, begitu juga dengan waktu eksekusinya. Hasil pengukuran tersebut kemudian dibandingkan dengan hasil pengukuran aplikasi yang tidak didesain dengan menggunakan decorator pattern yang memiliki fungsionalitas yang sama untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari implementasi decorator pattern.
Analisa metrics kedua aplikasi tersebut menyimpulkan bahwa aplikasi yang didesain menggunakan decorator pattern memiliki reusability yang lebih tinggi sehingga complexity-nya pun menjadi tinggi, akan tetapi productivity-nya lebih tinggi dan waktu eksekusinya lebih lama dibandingkan dengan aplikasi yang tidak menggunakan decorator pattern.
Kata Kunci : inheritance, decorator pattern, Grid-Paging, ExtJSABSTRACT: Inheritance is an object-oriented concept that supports reusability. The attributes or methods of existing class can be extended or used by classes that have similarity without having to redefine. However, when this concept is applied in case that requires additional responsibility of an object dynamically, it will cause other problems happen such as class explosion, rigid design, or adding functionality to base class that isn’t appropriate for some of the subclasses. Decorator pattern provides alternative to subclassing for extending functionality of an object dynamically at program runtime.
This final project analyzes the implementation of class design that uses decorator pattern in a Grid-Paging application on ExtJS. Then the design implementation is measured its complexity, productivity, and reusability using object-oriented metrics and so does its execution time. After that, the measurement results are compared with the measurement of an application that is not designed using decorator pattern which has the same functionality to know the advantages and disadvantages of the implementation of decorator pattern.
After analyzing the metrics of both applications, it can be concluded that the application that uses decorator pattern had better reusability, so its complexity become higher, but its productivity become more expernsive and also having longer execution time compared with application that does not use the decorator pattern.
Keyword: inheritance, decorator pattern, Grid-Paging, ExtJS

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Decorator Pattern (Studi Kasus: Aplikasi Grid-Paging dengan ExtJS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dawam Dwi Jatmiko Suwawi
Perorangan
Sri Widowati, Iman Lukmanul Hakim
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini