Analisis dan Implementasi Feature Selection dengan Perpaduan Metode Raough Sets, MLRelevance Criterion, dan PRelevance Criterion

Kusuma Eka Saputra

Informasi Dasar

113061085
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi memacu timbulnya keberagaman data didalamnya. Sedangkan data adalah sumber informasi yang sangat penting. Untuk dapat mengolah data-data tersebut terdapat teknik yang sekarang diimplementasikan, yaitu Knowledge Discovery in Database (KDD). Di dalam KDD terdapat proses data mining yang berutujuan untuk menggali informasi dari data yang ada. Salah satunya dengan cara klasifikasi. Akan tetapi dengan keberagaman data tidak ada jaminan bahwa data itu siap diolah. Contohnya adalah dimenensi data yang begitu besar, hal ini akan menyulitkan dalam proses klasifikasi. Maka dari itu dilakukanlah preprocessing terlebih dahulu.

Preprocessing adalah tahap dimana untuk menyiapkan data agar seefisien mungkin dan terhindar dari noise, missing value, irrelevant feature, redundant feature dll, sehingga diharapkan akan memberikan hasil yang lebih optimal dalam melakukan klasifikasi. Di dalam preprocessing, terdapat salah satu teknik yaitu feature selection. Teknik ini digunakan untuk mengurangi dimensi data atau feature yang dianggap kurang relevan terhadap pemebentukan kelas.

Tugas Akhir ini membahas serta mengimplementasikan teknik feature selection dengan menggunakan metode Rough Sets Theory yang dipadukan dengan MLRelevance Criterion dan PRelevance Criterion. Hasil dari feautre selection dengan menggunakan metode itu, mampu memprediksi feature yang paling relevan. Sehingga tingkat akurasi yang didapatkan mampu mengimbangi precission, recall dan accuracy sebelum dilakukan feature selection.Kata Kunci : Data mining, preprocessing, klasifikasi, Rough Set, feature selection, variable selection.ABSTRACT: Advance in technology leads to the emergence of data diversity. Data is an important information source. In order to process the data, there are techniques which can be implemented which is Knowledge Discovery in Database(KDD). In KDD, there are data mining processes to mine information from data. One of the process is classification. Nonetheless, data diversity doesn't guarantee that data is ready to be processed. For example, large data dimention is going to make it difficult for classification task. So, preprocessing must be done.

Preprocessing is a step for preparing data so that the data is efficiently clean from noise, missing value, irrelevant feature, redundant feature, etc thus it will provide optimal result in classification task. In preprocessing, one of the most common method is feature selection.

This thesis discuss and implement how to apply the feature selection technique using Rough Sets Theory combined with MLRelevance Criterion and PRelevance Criterion is. Results from feautre selection by using that method, capable of predicting the most relevant feature. So that the level of accuracy obtained able to offset, precission, recall and accuracy prior to feature selection.Keyword: Data mining, preprocessing, classification, Rough Set, feature selection,variable selection.

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Feature Selection dengan Perpaduan Metode Raough Sets, MLRelevance Criterion, dan PRelevance Criterion
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Kusuma Eka Saputra
Perorangan
Toto Suharto, ZK. Abdurahman Baizal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini