Analisis dan Implementasi Simulated Annealing pada Case Based Reasoning untuk Studi Kasus Pembelian Komputer

Aribawana Budiman

Informasi Dasar

113061074
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada tugas akhir ini diimplementasikan metode case based reasoning dengan simulated annealing pada kasus pembelian komputer. Metode case based reasoning adalah metode dimana untuk memecahkan suatu permasalahan, memanfaatkan knowledge dari kasus-kasus yang sudah ada sebelumnya. Akan tetapi jika ada kasus baru yang tidak memiliki kemiripan dengan kasus sebelumnya diperlukan adanya proses pencarian solusi dari kasus baru. Proses pencarian solusi baru ini pada case based reasoning adalah adaptation, dengan menerapkan metode lain pada proses adaptation yaitu simulated annealing maka sistem case based reasoning dapat memecahkan kasus baru walaupun kasus tersebut tidak memiliki kemiripan dengan kasus sebelumnya.

Pada kasus pembelian komputer terdapat ruang pencarian solusi yang sangat besar oleh karena itu diperlukannya heuristic search untuk pencarian solusi. Metode simulated annealing adalah salah satu metode heuristic. Dengan menggunakan batasan yang jelas, fungsi biaya serta nilai parameter yang sesuai maka simulated annealing dapat menghasilkan solusi komputer yang sesuai dengan keinginan user. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan hasil yang dikeluarkan sistem valid 100% sesuai dengan kebutuhan user.Kata Kunci : Case-based reasoning, Simulated Annealing, Adaptation, Heuristic, KnowledgeABSTRACT: At this final project implement case based reasoning method with simulated annealing in the case of computer purchase. Case based reasoning method is a method which to solve a problem, utilizing knowledge of the cases was there before. But if there are new cases that have no resemblance to the previous case it is necessary to search the solution of new cases. The process of finding new solutions to the case based reasoning is the adaptation, by applying other methods simulated annealing process at adaptation of case based reasoning system can solve new cases, although the case has no resemblance to the previous case.

In the case of computer purchase there is a solution search space which is very large, therefore the need for heuristic search for finding a solution. Simulated annealing method is one of the heuristic method. By using constraint, the cost function and the corresponding parameter values the simulated annealing can produce a solution that suits the user. From the test results can be concluded that the system spent 100% valid in accordance with user needs.Keyword: Case-based reasoning, Simulated Annealing, Adaptation ,Heuristic, Knowledge.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Simulated Annealing pada Case Based Reasoning untuk Studi Kasus Pembelian Komputer
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Aribawana Budiman
Perorangan
Ririn Dwi Agustin, Endro Ariyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini