Analisis Penentuan SInk Baru pada Sensor Jaringan Nirkabel Zigbee Menggunakan Algoritma MT-EO

Elisabet Kurnia

Informasi Dasar

113061014
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Adanya kebutuhan untuk mengakses layanan telekomunikasi melalui media nirkabel semakin meningkat dewasa ini, sehingga teknologi jaringannya pun berkembang dengan cepat. Kelebihan jaringan nirkabel terletak pada fleksibilitas dan mobilitasnya, sehingga jaringan nirkabel menjadi lebih murah dan lebih mudah digunakan bila dibandingkan dengan jaringan kabel. Kebutuhan ini didukung dengan perkembangan teknologi wireless yang disebut dengan ZigBee (IEEE 802.15.4). ZigBee adalah suatu protokol pada jaringan wireless yang mengkhususkan pada perangkat sensor. Pada umumnya, satu jaringan ZigBee mempunyai koordinator yang dinamakan dengan sink. Sink tersebut bertugas menginisialisasi jaringan, mengatur dan mengontrol sensor- sensor dalam berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Hal ini menjadikan sink mempunyai peran yang sangat penting dalam suatu jaringan ZigBee. Tetapi ada saatnya sink tersebut tidak menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga harus dicarikan sink baru untuk menggantikannya.

Peneliti mencoba menyelesaikan permasalahan yang ada dengan menerapkan langkah penentuan parent pada algoritma MT-EO untuk menentukan sebuah node yang akan dipilih menjadi sink baru tersebut. Waktu proses algoritma dalam menentukan sink baru menjadi parameter yang akan dianalisis. Analisis juga dilakukan terhadap successful association rate, orphaning rate, orphaning recovery rate dan delay. Selain itu adanya sebuah simulasi untuk menggambarkan proses penentuan sink baru juga menjadi latar belakang dari penelitian ini.
Kata Kunci : Zigbee, Algoritma MT-EO, multi sink tree, sink, WirelessABSTRACT: The needs to access telecommunications services through wireless is increasing these days, so the network technology was evolving rapidly. The advantages of wireless networks located on their flexibility and mobility so that wireless networks are becoming cheaper and easier to use than wired networks. This need is supported by the development of wireless technology called ZigBee (IEEE 802.15.4). ZigBee is a protocol on the network that specializes in wireless sensor devices. Generaly, a single ZigBee network has coordinator called sink. Sink is in charge of initializing the network, manage and control the sensors to communicate with each other. This makes the sink has a very important role in a ZigBee network. But sometimes that sink is not performing their funciton properly, so we should find a new sink to replace it.

Researchers try to solve existing problems by applying the steps of determining a parent on MT-EO algorithm to determine a node to be selected into the new sink. The algorithm’s processing time to determine the new sink become the parameters to be analyzed. The analysis is also conducted on Successful association rate, orphaning rate, orphaning recovery rate and delay orphaning. Besides, the simulation to illustrate the process of determining a new sink also be the background of this research.Keyword: Zigbee, MT-EO Algorithm, multi sink tree, sink,

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisis Penentuan SInk Baru pada Sensor Jaringan Nirkabel Zigbee Menggunakan Algoritma MT-EO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Elisabet Kurnia
Perorangan
Vera Suryani, Setyorini
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini