Implementasi dan Analisis Blind Watermarking Citra Digital dengan Skema CDMA pada Domain Wavelet

M. Mahbub Ul-Haq

Informasi Dasar

113060288
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Seiring pertumbuhan dari sistem multimedia memberikan kemudahan dalam penyebaran konten multimedia tersebut, sehingga perlindungan terhadap penyebaran konten, seperti multimedia copyright protection, menjadi persoalan penting. Untuk penyelesaian terhadap masalah ini salah satunya adalah dengan Digital watermarking.

Tugas akhir ini mengusulkan implementasi sistem blind watermarking pada citra digital dengan menggunakan skema Code Division Multiple Access (CDMA) pada domain Discrete Wavelet Transform (DWT). DWT merupakan sebuah model yang lebih akurat pada Human Visual System (HVS) dan merupakan sebuh lingkungan yang menjanjikan untuk menerapkan robust watermarking. Sedangkan keuntungan dari CDMA adalah watermark yang direlasikan dengan Pseudo-random Noise (PN Key) sebelum disisipkan pada subband LH dan HL dari citra host yang didekomposisi 1 tingkat. Pengimplementasian dengan skema ini mampu meningkatkan robustness dengan sedikit pengaruh terhadap kualitas citra. Hasil dari pengujian terhadap sistem yang dibangun menunjukkan bahwa skema ini memiliki imperceptiblity yang baik, pada normal copyright hingga copyright dengan ukuran 40x150 pixel, dan juga robust terhadap serangan lossy image compression dan Additive White Gaussian Noise (AWGN).Kata Kunci : blind watermarking, DWT, pseudo-random noise, skema CDMA.ABSTRACT: Along with the growth of the multimedia system, it provides ease in the distribution of multimedia content, thus the protection of distributed content, such as multimedia copyright protection, becomes an important issue. One of many solution for this problem is digital watermarking.

This final project proposes an implementation of blind digital image watermarking by using Code Division Multiple Access (CDMA) scheme on Discrete Wavelet Transform (DWT) domain. DWT is an accurate model of the Human Visual System (HVS) and a promising environment to apply robust watermarking. While the advantages of CDMA is a watermark that related with Pseudo-random Noise (PN Key) before being embedded in the LH and HL subband of 1-lv decomposed of host image. Through implementation of this scheme is able to increase robustness with minimal impact on image quality. The testing results, from the system had built, demonstrated that the scheme has a good imperceptiblity for the normal copyright until copyright with 40x150 pixels, and also robust against lossy image compression and Additive White Gaussian Noise (AWGN).Keyword: blind watermarking, DWT, pseudo-random noise, CDMA scheme

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Implementasi dan Analisis Blind Watermarking Citra Digital dengan Skema CDMA pada Domain Wavelet
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M. Mahbub Ul-Haq
Perorangan
Tjokorda Agung Budi Wirayuda, Sriyani Violina
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini