Analisis Perbandingan Performansi dan Quality of Service(QoS) dari Voice over Internet Protocol(VoIP) antara Sistem Manajemen Antrian Priority Queue(PQ) dan Class Based Queue(CBQ)

Dito Tri Hartanto

Informasi Dasar

113060171
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: VoIP merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya melakukan percakapan dua arah dengan memanfaatkan jaringan internet. Keunggulan utama dari VoIP adalah biaya yang murah. Hal ini dimungkinkan karena VoIP hanya menggunakan jaringan internet sebagai medianya. Di samping keunggulan-keunggulan, VoIP juga memiliki kelemahan-kelemahan. Hal yang menjadi isu utama dalam penggunaan VoIP adalah kualitas layanan atau Quality of Service (QoS) yang diberikan.

Pada tugas akhir ini akan disimulasikan jaringan VoIP dengan menggunakan sistem antrian CBQ dan PQ. Dengan menggunakan sistem antrian yang berbeda ini diharapkan dapat menjadi solusi dari kelemahan yang dimiliki pada jaringan VoIP. Dengan menggunakan CBQ dan PQ diharapkan dapat menjamin QoS dari VoIP agar bisa tetap menyediakan layanan yang baik. Dan juga membandingkan antara sistem antrian CBQ dan PQ untuk memilih sistem antrian yang dapat memberikan performansi dan QoS yang terbaik untuk jaringan VoIP.

Hasil dari simulasi menunujukkan bahwa sistem antrian PQ yang dapat memberikan performansi dan QoS yang terbaik dibandingkan dengan sistem antrian CBQ. Dalam keterbatasan bandwith, sistem antrian PQ dapat memberikan performansi dan QoS yang bagus sehingga layanan VoIP dapat dijamin kualitasnya.

Kata Kunci : VoIP, Quality of Service (QoS), CBQ, PQ, performansiABSTRACT: VoIP is an application that could make happen 2 way conversation between users using internet connection. The major benefit of VoIP is the cheap cost. That happens because VoIP only use internet connection as a medium. Beside of its benefit, VoIP has weakness too. The one that become major issue is the Quality of Service that gives.

At this final task, it’s simulating the VoIP connection using CBQ and PQ queuing system. With the different queuing mechanism hopes that become a solution for its weakness. With using CBQ and PQ hopes that can guarantee the QoS of VoIP, so the VoIP could always give best service. And to compare between CBQ and PQ witch one that can give the best performance and QoS for VoIP connection.

The result of the simulation shows that PQ queuing system can give the best performance and QoS than CBQ queuing system. Within a limited bandwidth, PQ queuing system can give a good performance and QoS, so the VoIP service can be guaranteed.

Keyword: VoIP, Quality of Service (QoS), CBQ, PQ, performance

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisis Perbandingan Performansi dan Quality of Service(QoS) dari Voice over Internet Protocol(VoIP) antara Sistem Manajemen Antrian Priority Queue(PQ) dan Class Based Queue(CBQ)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dito Tri Hartanto
Perorangan
Fazmah Arief Yulianto, Rahmat Hariyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini