Optimasi Sistem Fuzzy dengan Algoritma Genetika untuk Mendukung Pengambilan Keputusan Pemilihan KBK

Putra Nasir

Informasi Dasar

113060092
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Penentuan KBK dan peminatan merupakan masalah yang selalu dihadapi oleh setiap mahasiswa. Memilih KBK dan peminatan yang tepat merupakan masalah penting, setiap mahasiswa haruslah hati-hati dan cerdas dalam menyelesaikan masalah ini. Ketika seorang mahasiswa salah dalam menentukan peminatan mereka, maka mereka akan menemui masalah yang jauh lebih besar nantinya.
Ketika berbicara mengenai perasaan dan intuisi terdapat sebuah system yang dapat mengadopsi kedua hal tersebut, system tersebut adalah system fuzzy. Sehingga dengan menggunakan fuzzy system dapat membantu dalam melakukan pemilihan KBK. Namun permasalan pada fuzzy system adalah bagaimana cara menentukan fungsi keanggotaan yang dapat menghasilkan solusi yang terbaik.
Dalam Tugas Akhir ini, dibangun sebuah System Fuzzy dengan menggunakan Algoritma Genetika, sehingga akan dihasilkan sebuah fungsi keanggotaan yang memberikan solusi yang terbaik. Pada tugas akhir ini ditentukan parameter terbaik dari Algoritma Genetika yang digunakan pada System Fuzzy.
Dari hasil analisa, parameter Algoritma Genetika yang terbaik adalah populasi dengan 100 individu, dengan jumlah titik potong tiga, Pc=90% dan Pm=10%. Dan dari hasil pengujian akurasi dari System Fuzzy adalah 92%. Akurasi ini berarti terdapat 92% dari data mahasiswa yg digunakan sebagai data latih, dimana peminatan KBK nya sesuai dengan output yang dikeluarkan oleh system fuzzy.Kata Kunci : peminatan KBK, sistem fuzzy, Algoritma GenetikaABSTRACT: Choosing a KBK is one of the problem that student have to solve. Choosing a correct KBK is an important problem, each student have to solve it carefully and smartly. When a student take a wrong decission, they will face a bigger problem later. This problem will be easier if we have a system that can help the student to choose their KBK.
When talking about feeling and intuition there’s a system that can adopt those thing, the System is Fuzzy System. By using Fuzzy System, can support in making a KBK’s decision. But there is still a problem about fuzzy system, that how to choose the membership function which could give the best solution.
In this Final Project, Fuzzy System is builded by using Genetic Algorithm, which produce a membership function that can give the best solution. This final project, determine the best parameter of Genetic Algorithm which is used by Fuzzy System.
From the analyze, Genetic Algorithm best parameter is population with 100 members, three cutting point, Pc=90% dan Pm=10%. And from the testing, the Fuzzy System’s accuration is 92%. This accuration means that there are 92% of the test’s data from the student which are the student KBK’s data have the same output with the fuzzy system’s output.Keyword: KBK, Fuzzy System, Genetic Algorithm

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Optimasi Sistem Fuzzy dengan Algoritma Genetika untuk Mendukung Pengambilan Keputusan Pemilihan KBK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Putra Nasir
Perorangan
Suyanto, Retno Novi Dayawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini