Analisis dan Implementasi Adaptive Neuro Fuzzy Inference System Beserta Pengaruh Algoritma Learning Gradient-Descent dan Least-Square Estimator Untuk Studi Kasus (Perekomendasian KBK Tugas Akhir Teknik Informatika IT Telkom)

WAHYU SETYO WIBOWO

Informasi Dasar

113060078
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS) merupakan kombinasi dari sistem fuzzy dengan jaringan syaraf tiruan (JST). Di mana membership function dan fuzzy rules dari sistem fuzzy diperbaiki melalui pembelajaran dengan JST sehingga dapat memberikan tingkat akurasi yang lebih baik untuk sistem klasifikasi.

Tugas akhir ini mengimplementasikan ANFIS untuk merekomendasikan kelompok bidang keahlian (KBK) dari tugas akhir. Mengetahui KBK dari tugas akhir yang akan diambil dapat membuat mahasiswa menjadi lebih fokus pada bidang/mata kuliah yang diminati dan mempercepat waktu kelulusan. Dengan memperhitungkan besar minat dan nilai mahasiswa untuk setiap mata kuliah jurusan yang diambil, dapat ditentukan rekomendasi KBK dari mahasiswa tersebut.

Hasil pengujian dengan menggunakan data uji menunjukkan bahwa perekomendasian KBK dari tugas akhir dengan menggunakan ANFIS mampu memberikan tingkat akurasi sebesar 96% untuk data testing 1 dan 88% untuk data testing 2Kata Kunci : Kata kunci: KBK, sistem fuzzy, JST, ANFISABSTRACT: Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS) is a combination between fuzzy system and artificial neural network. Where membership function of fuzzy system will be fixed by the learning process of ANN to provide better accuration for classification system.

This essay implements ANFIS for recommending group of specialization (KBK) of student’s final essay. Knowing KBK of their future final essay can make students become more focus on the subject of interest and accelerate the time of graduation. Through counting the amount of interest and students average GPA for each course in every majors, recommendation of KBK for the students can be determined.

Testing result from test set shows that recommending KBK of student’s final essay by using ANFIS is able to provide accuration of 96% for first test test and 88% for second test set.Keyword: Keywords: KBK, fuzzy system, ANN, ANFIS

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Adaptive Neuro Fuzzy Inference System Beserta Pengaruh Algoritma Learning Gradient-Descent dan Least-Square Estimator Untuk Studi Kasus (Perekomendasian KBK Tugas Akhir Teknik Informatika IT Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WAHYU SETYO WIBOWO
Perorangan
Suyanto, Agung Toto Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini