PENGGUNAAN ALGORITMA GENETIKA DAN SISTEM FUZZY UNTUK PREDIKSI POTENSI DROP OUT MAHASISWA IT TELKOM

Rahmadil Adha

Informasi Dasar

113060056
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Drop out adalah istilah yang sering dipakai untuk kasus pemutusan pendidikan, yang merupakan pengertian dari proses pencabutan status kemahasiswaan atas diri mahasiswa yang disebabkan oleh hal-hal tertentu yang telah ditentukan. Di lingkungan IT Telkom sendiri, Drop out diartikan sebagai pengunduran diri. Hal tersebut dapat memberikan kerugian baik untuk yang mengalaminya ataupun perguruan tinggi tempat seseorang itu di drop out. Kerugian utama bagi orang yang terkena drop out adalah tidak bisa melanjutkan pendidikannya, sedangkan bagi perguruan tinggi adalah kurangnya kredibilitas peguruan tinggi tersebut dimata masyarakat.

Ketika berbicara mengenai perasaan dan intuisi terdapat sebuah system yang dapat mengadopsi kedua hal tersebut, system tersebut adalah system fuzzy. Sehingga dengan menggunakan fuzzy system dapat membantu dalam melakukan prediksi pontensi drop out. Namun permasalan pada fuzzy system adalah bagaimana cara menentukan fungsi keanggotaan yang dapat menghasilkan solusi yang terbaik.

Dalam Tugas Akhir ini, dibangun sebuah System Fuzzy dengan menggunakan Algoritma Genetika, sehingga akan dihasilkan sebuah fungsi keanggotaan yang memberikan solusi yang terbaik. Pada tugas akhir ini ditentukan parameter terbaik dari Algoritma Genetika yang digunakan pada System Fuzzy.

Dari hasil analisis, parameter Algoritma Genetika yang terbaik adalah populasi dengan 100 individu, Pc=0,6% dan Pm=1/44. Dan dari hasil pengujian akurasi dari System Fuzzy adalah 97,5%. Akurasi ini berarti terdapat 97,5% dari data mahasiswa yg digunakan sebagai data latih, dimana kejadian sebenarnya(drop out atau lulus) sesuai dengan output yang dikeluarkan oleh system fuzzy.

Kata Kunci : Drop Out, Sistem Fuzzy, Algoritma GenetikaABSTRACT: Drop out is a term that often used for the case of termination of education, which is the understanding of the process of revocation of student status upon students caused by certain things that have been determined. IT Telkom itself in the environment, Drop out is defined as a resignation. It can provide a loss both for the experience or college where a person is in the drop outs. The main disadvantage for people affected by the drop outs are not able to continue their education, while for colleges is the lack of credibility in the eyes of society.

When talking about feelings and intuition, there is a system that can adopt either case, the system is a fuzzy system. So by using the fuzzy system can assist in making predictions pontensi drop out. But the experiences to the fuzzy system are how to define membership functions that can produce the best solution.

In this Final Project, built a Fuzzy System using Genetic Algorithm, so that will be generated a membership function that provides the best solution. In this final task determined the best parameters of the Genetic Algorithm used in Fuzzy Systems.

From the analysis, the best parameter Genetic Algorithm is a population with 100 individuals, Pc = 0.6%, and Pm = 1 / 44. And from the results of testing the accuracy of the Fuzzy System is 97.5%. This accuracy means that there are 97.5% of students who used the data as training data, where the actual events (dropped out or graduated) in accordance with the outputs issued by the fuzzy system.

Keyword: Drop Out, Fuzzy Systems, Genetic Algorithms

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

PENGGUNAAN ALGORITMA GENETIKA DAN SISTEM FUZZY UNTUK PREDIKSI POTENSI DROP OUT MAHASISWA IT TELKOM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rahmadil Adha
Perorangan
Ari Moesriami Barmawi, Adiwijaya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini