Implementasi dan Analisis Basis Data Paralel Dengan Arsitektur Shared Nothing

Dedi Caesar Humaedi

Informasi Dasar

113060049
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Tantangan terhadap performansi basis data semakin hari semakin besar. Meningkatnya jumlah data yang disertai dengan pemrosesan terhadapnya pada basis data terpusat akan berujung tidak optimal. Ketidakoptimalan tersebut berupa nilai response time yang tinggi. Hal tersebut bertentangan dengan salah satu tujuan pemrosesan pada basis data yakni nilai response time yang minim. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan sebuah arsitektur basis data selain basis data terpusat

Basis data paralel merupakan salah satu alternatif arsitektur selain basis data terpusat yang bekerja dengan menggunakan lebih dari satu processor. Basis data paralel memiliki tiga macam variasi dalam implementasinya yaitu shared disk, shared memory, dan shared nothing. Masing-masing arsitektur tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Khusus pada arsitektur shared nothing secara tidak langsung dapat terlihat menyerupai basis data terdistribusi mengingat karakteristiknya yang menggunakan beberapa komputer dengan komponennya masing-masing yang bekerja secara lokal namun dapat membentuk satu kesatuan kerja dengan komputer lain.

Pada tugas akhir ini melakukan implementasi basis data paralel dengan arsitektur shared nothing dengan fokus pada efek penggunaan spesifikasi komputer yang berbeda dan juga tipe pengerjaan query yang berbeda.

Kata Kunci : basis data paralel, performansi, shared nothingABSTRACT: Bigger challenge of database’s performance is faced each time. A growth of amount of data with processing by centralized database will not become optimal such high response time value. It is an opposite of one of data process target such low response time value. For that problem another architecture besides centralized database is needed.

Parallel database is an alternative besides centralized database that works with multiprocessors. Parallel database has three variants of implementation such shared disk, shared memory, and shared nothing. Each variant has its own strength and weaknesses. Especially in shared nothing, it could be seen as distributed database because its own characteristic that use multi computers with each component that works locally but can gather with another computers as work unit.

The use of different computer spesification and typical query processing are main issue on this final project.

Keyword: Parallel database, performance, shared nothing

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Implementasi dan Analisis Basis Data Paralel Dengan Arsitektur Shared Nothing
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dedi Caesar Humaedi
Perorangan
Kiki Maulana, Kemas Rahmat Saleh Wiharja
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini