Pencarian Kombinasi AntarKomponen Proyek Menggunakan Algoritma Genetika

Mochamad Rizha Fakhrudin

Informasi Dasar

113058038
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam menentukan proyek yang akan diambil tentunya perusahaan mempunyai banyak kriteria, apakah termasuk jenis Independent project atau Mutually exclusive project. Selain itu juga perlu diperhitungkan masalah ketersediaan sumber dana untuk membiayai suatu proyek dan keuntungan yang akan didapatkan. Biaya sendiri dapat dikategorikan dalam tiga kelompok antara lain : biaya tetap, biaya variabel dan biaya semivariabel. Sehingga perlu diperhitungkan kombinasi yang optimal antara profit dan komponen – komponen biaya. Salah satu metode yang sering dipakai dalam optimasi adalah algoritma genetika. Akan tetapi pencarian optimasi menggunakan algoritma genetika ini sering mempunyai kelemahan pada sisi waktu pemrosesan yang lama.
Dalam tugas akhir ini dibuat suatu aplikasi pencarian kombinasi antarkomponen proyek menggunakan algortima genetika dengan model komputasi paralel sehingga dapat menjalankan beberapa task sekaligus, sehingga waktu komputasinya dapat lebih singkat dari pada algortima yang tidak menggunakan model komputasi paralel. Dan juga dengan aplikasi ini didapatkan kombinasi yang optimal antara profit dan komponen biaya, dimana dalam tugas akhir ini komponen biaya yang diperhitungkan antara lain : biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya sewa.
Kata Kunci : kunci: Optimasi, Komponen biaya, Algoritma Genetika, Model KomputasiABSTRACT: When deciding which project to be choosed,every company have their own criterias,is it an independent or a mutually exclusive project. Beside that,also will be needed to calculate the cost and profit of the project. The cost itself can be categorized as fixed, variable and semi-variable cost. So then will be needed to calculate the optimal combination between profit and components of cost. One of popular method to calculate optimization is genetic algorithm. But optimization task using genetic algorithm has a weakness that it cost a large amount of time.
In this final project, has been made an application to seach combination between project components using genetic algorithm using paralelized computation model. So it can run two or more task in the same time, So it will be shortened the computation time. And with this application will be achieved an optimal combination between profit and components of cost, which is cost of material, employee and rent.
Keyword: optimation, component of cost, genetic algorithm, parallel algorith

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Pencarian Kombinasi AntarKomponen Proyek Menggunakan Algoritma Genetika
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Mochamad Rizha Fakhrudin
Perorangan
Sri Widowati, Arie Ardiyanti Suryani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini