TRANSLASI KALIMAT BAHASA INGGRIS KE BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE AUGMENTED TRANSITION NETWORK

NURHALIMAH HARAHAP

Informasi Dasar

113058032
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Bahasa merupakan faktor dasar yang penting dalam melakukan komunikasi dan interaksi sosial antar manusia. Bahasa dibentuk oleh dua komponen dasar yaitu struktur (grammar) dan kosa kata. Dalam berkomunikasi, faktor bahasa merupakan salah satu permasalahan sendiri yaitu penggunaan bahasa yang berbeda. Atas dasar inilah maka muncul ide untuk membuat mesin penerjemah bahasa, dalam hal ini yang diterjemahkan adalah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Mesin penerjemah ini dibuat berdasarkan grammar dan kosa kata pembentuk kalimat.
Cabang ilmu informatika yang mempelajari mengenai mesin penerjemah adalah Natural Language Processing (NLP). Dalam NLP, analisis ini tergolong ke dalam syntax yaitu merupakan tahapan analisis yang mempelajari aturan-aturan yang merangkai kata menjadi frase dan kalimat baku. Komponen utama dalam analisis syntax adalah grammar dan lexicon.
Grammar dan lexicon dirancang dan diimplementasikan dengan menggunakan metode Augmented Transition Network (ATN). Hasil implementasi dari ATN dapat menghasilkan terjemahan kalimat bahasa Inggris ke bahasa Indonesia yang mirip dengan terjemahan manusia.
Kata Kunci : natural language processing, augmented transition network, mesin penerjemah.ABSTRACT: Language is a major important factor to make communication and social interaction inter-human. Linguist is formed by two principal components. They are grammar and lexicon. Linguist as a particular problem is communicating each other with a different language. This leads to an idea of creating machine translation. In this case, the translation is from English into Indonesian. Machine translation is formed by grammar and lexicon that are principal component to build sentence.
Natural Language Processing (NLP) is Interdisciplinary field of Artificial Intelligence that studies about machine translation and computational linguistics. Syntax is one of analyzing process in NLP. Syntax studies the rules for combining words into legal phrases and sentences. Grammar and lexicon are major component in analyzing syntax.
Grammar and lexicon are designed and implemented by using Augmented Transition Network (ATN) method. The result of ATN implementation is a translation sentences that are similar to translation by human.
Keyword: natural language processing, augmented transition network, machine translation.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

TRANSLASI KALIMAT BAHASA INGGRIS KE BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE AUGMENTED TRANSITION NETWORK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURHALIMAH HARAHAP
Perorangan
Eddy Muntina Dharma, Andrian Rakhmatsyah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini