Content Based Music Retrieval Dengan Teknik Approximate String Matching

Susan Sandra Indriati

Informasi Dasar

113058030
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pencarian musik saat ini kebanyakan masih sebatas pada query berupa judul musik atau nama penyanyinya. Pencarian musik berdasarkan content masih jarang, misalkan pencarian musik berdasarkan melodi. Namun bagimana caranya mencocokkan 2 berkas musik dengan susunan nada yang berbeda sehingga bisa dikatakan mempunyai melodi yang sama.
Tugas akhir ini membangun sebuah aplikasi yang dapat melakukan pencarian musik berdasarkan query berupa potongan melodi ataupun full melodi menggunakan teknik Approximate String Matching, dengan algoritma untuk proses pencocokkan adalah Levenshtein Distance. Approximate String Matching merupakan teknik pencocokkan string yang memperbolehkan adanya eror. Representasi digital yang akan digunakan dalam bentuk file MIDI.
Langkah-langkah yang digunakan pada proses pencarian musik terdiri dari 3, yaitu ekstraksi melodi, standarisasi melodi, dan pencocokkan melodi. Pada saat user menginputkan query, sistem akan membaca file MIDI dan mengubah informasi midi ke dalam bentuk teks, setelah itu barulah ke tiga proses tadi dilakukan.
Aplikasi ini dapat melakukan pencarian musik yang menghasilkan output berupa daftar musik-musik yang di dalamnya terdapat unsur melodi yang terdapat pada input query. Jika dibandingkan dengan metode Exact Matching, maka metode ini lebih bisa digunakan untuk proses query musik. Pada metode ini, panjang input query berbanding lurus dengan waktu yang dibutuhkan untuk pemrosesan query.Kata Kunci : query musik, content musik, approximate string matching,ABSTRACT: Nowadays, most music query is based on its title or singer. Content based music query such as melody based query is quite unpopular. However, the problem is how to match two music files with different sequence of notes, so they can be concluded as having the same melody.
In the final project, a software can be used to do music query based on either partial or complete melody by Approximate string matching method, using Levenshtein Distance algorithm is developed. Approximate string matching is a string matching algorithm which allows an error. Each music is represented in digital form as MIDI files.
To perform the music query, three steps are required. These steps are melody extraction, melody standardization, and melody matching. As user input the query, system will read MIDI files convert the information they contain into text. Afterwards these three steps mentioned above are executed sequentially.
This software is able to do music query that generate a list of music file which contain inputed query. Compared to Exact matching, this method is more appropriate to do music query. In this method, query length is equivalent to the time required for query execution.
Keyword: music query, music content, approximate string matching, levensthein

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Content Based Music Retrieval Dengan Teknik Approximate String Matching
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Susan Sandra Indriati
Perorangan
Dhinta Darmantoro, ZK. Abdurahman Baizal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini