ORM SEBAGAI PERSISTANCE LAYER UNTUK MEMETAKAN OBJECT DARI APLIKASI KE RDBMS

Desi Nurhayati

Informasi Dasar

113058025
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Penulisan SQL secara handcoded dan berulang-ulang merupakan masalah bagi programmer dalam memaintain sebuah aplikasi. Salah satu cara untuk mengatasi masalah diatas yaitu dengan menerapkan ORM. Secara umum ORM (Object Relational Mapping) adalah cara atau teknik untuk memetakan object dari aplikasi ke tabel basisdata relasional. Object dari aplikasi akan dipetakan oleh ORM dan diubah ke dalam sintaks SQL( Structure Query Language). Setelah itu SQL dijalankan pada basisdata relasional dan hasilnya dikembalikan menjadi object ke aplikasi oleh ORM. Metoda yang digunakan untuk membuat SQL generator dengan menerapkan builder pattern. Sedangkan untuk menangani perpindahan database diterapkan strategi pattern.
Adapun parameter yang diujikan pada implementasi ORM ini adalah fungsionalitas dari aplikasi ketika ORM diimplementasikan, kesesuaian antara metada dari class dan metadata di database, perpindahan database dan perbandingan jumlah kode baris antara aplikasi yang menerapkan ORM dengan yang tidak menerapkan ORM.
Berdasarkan hasil analisis, maka penerapan ORM ini dapat mengurangi ketergantungan database dan kode baris pada bagian model aplikasi.Kemudian jika ada perubahan metadata maka perubahan itu hanya dilakukan pada layer presentation dan database sedangkan ORM sendiri sebagai persistance layer tidak perlu melakukan perubahan metadata.
Kata Kunci : Object Oriented, ORM, persistance layer, LOC, RDBMS, PHPABSTRACT: Writing SQL code through handcoded and repeatedly is being a problem for programmer to maintain application. One of solution is by implementing ORM. Generally, ORM is a way to map an object from application to relational database table. The object from application is mapped by ORM and then is changed to SQL. After that SQL is run in relational database and the result is returned to object in application by ORM (Object Relational Mapping). Method which is used to make SQL generator is builder pattern. To handle database changing, strategy pattern is used.
There are some paramater which is tested in this ORM implementation : application functionality when ORM is working, similiarity between class metadata and database metadata, database changing and LOC ( Line Of Code) comparation between application with ORM and without ORM.
Based on result of analysis, ORM implementation can reduce database coupling and line of code in application model. Beside that, if there are changes on metadata database, it will be done in presentation layaer and database. ORM as persistence layer do not change.
Keyword: Object Oriented, SQL, ORM, persistance layer, LOC, RDBMS, PHP

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

ORM SEBAGAI PERSISTANCE LAYER UNTUK MEMETAKAN OBJECT DARI APLIKASI KE RDBMS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Desi Nurhayati
Perorangan
Dhinta Darmantoro, Hari Saptoadi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini