Restorasi Audio dengan Menggunakan Transformasi Wavelet Dual Tree Complex

Christina N Pakpahan

Informasi Dasar

113058013
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kemajuan teknologi memungkinkan informasi tidak hanya disampaikan dalam bentuk teks, tetapi juga dalam bentuk gambar, audio maupun video. Keempat informasi ini dikenal dengan multimedia. Audio merupakan multimedia yang dapat disajikan dalam bentuk analog dan digital. Dari segi pemanfaatan informasi, audio digital lebih mudah digunakan. Namun audio digital lebih mudah pula untuk mengalami distorsi akibat noise. Karenanya dibutuhkan sistem yang mampu merestorasi audio digital yang mengalami distorsi.
Pada tugas akhir ini dikembangkan suatu sistem yang dapat merestorasi sinyal audio dengan menggunakan metode transformasi wavelet dual tree complex.
Data uji yang digunakan berupa file audio .wav dengan sampling rate 11.025 Hz, 16 bit. Jenis noise yang digunakan sebagai model adalah AWGN (Additive White Gaussian Noise).Dari analisis yang telah dilakukan metode dual tree complex cocok digunakan untuk merestorasi sinyal audio yang mengalami distorsi akibat noise. Sebagai pembanding, juga digunakan metode transformasi wavelet diskrit yang sering dipakai dalam merestorasi sinyal.
Kata Kunci : Audio, Transformasi Wavelet, Dual Tree Complex, AWGN,ABSTRACT: Growth of technology allowed informations serviced not only by text, but also by picture, audio, even video, that is multimedia. Audio is a multimedia which is presented in analog and digital. Digital audio is easier to use, but also easier to be distorted by noise. That is why system that can restore digital audio is needed.
In this final assessment developed system which can restore audio signal using dual tree complex wavelet transform.
Data test that used is audio .wav with sampling rate 11.025Hz, 16 bit, with noise as a model is AWGN (Additive White Gaussian Noise). The analysis conclude that dual tree complex method is suitable to restore audio signal that being distorted by noise. This system also use descrete wavelet transform method to restore audio signal as a comparisson.
Keyword: Audio, Wavelet Transform, Dual Tree complex, AWGN, Discrete Wavelet Transform

Subjek

SOFTWARE ENGINEERING
 

Katalog

Restorasi Audio dengan Menggunakan Transformasi Wavelet Dual Tree Complex
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Christina N Pakpahan
Perorangan
Fazmah Arief Yulianto, Iwan Iwut Tirtoasmoro
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini