Pembangunan Add-On untuk Content Aware Web Browser (Studi Kasus: Mozilla Firefox)

JESSI MONIKA

Informasi Dasar

113051064
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Mozilla Firefox merupakan salah satu web browser yang paling banyak digunakan pada saat ini. Mozilla Firefox memiliki banyak features yang menarik para penggunanya. Salah satunya adalah add-ons, yaitu aplikasi tambahan untuk menambah fungsi-fungsi yang diperlukan oleh user dalam menggunakan browser. Terdapat tiga jenis add-ons pada Mozilla Firefox: Extension, Themes, dan Plugin. Sampai saat ini Mozilla Firefox adalah yang paling banyak memiliki add-ons dibanding browser yang lain.

Selain kelebihan yang telah disebutkan terdapat juga kekurangan pada Mozilla Firefox. Salah satunya adalah fenomena dimana banyaknya plugins yang dimiliki oleh pengguna dan berada pada kondisi aktif (enable) dapat membuat penggunaan memori (memory usage) pada Mozilla Firefox tersebut menjadi lebih besar sehingga user merasakan bahwa browser bekerja lebih lambat bekerja dan sering terjadi crash.

Pada tugas akhir ini membuat sebuah add-ons yang berupa extension pada Mozilla Firefox yang dapat menon-aktifkan (disable) dan mengaktifkan (enable) plugin yang hanya dibutuhkan saja berdasarkan content-type pada halaman web yang dibuka.

Berdasarkan hasil analisis dan pengujian menunjukan bahwa penentuan besar dari memory usage tidak hanya berdasarkan dari firefox.exe saja tetapi ada beberapa aplikasi lain yang juga dapat mempengaruhi besar dari memory usage yaitu plugin-container.exe, java.exe, jp2launcher.exe, dan FlashPluginPlayer.exe. Hal ini terjadi berdasarkan kebutuhan dari sebuah plugin dalam bekerja. Plugin java membutuhkan kinerja dari aplikasi java.exe dan jp2launcher.exe, sedangkan FlashPluginPlayer.exe aktif karena pengaruh dari kinerja plugin Shockwave Flash. Dan besar memory usage dalam kondisi setelah pengimplementasian ekstensi SuperPlugin (with-SuperPlugin) menjadi lebih kecil dibandingkan dengan kondisi sebelum menggunakan SuperPlugin (non-SuperPlugin).Kata Kunci : Kata Kunci: Web Browser, Mozilla Firefox, Add-On, Extension, Plugin, Memory usage, Content-type.ABSTRACT: Mozilla Firefox is one of the best web browsers at this time. Mozilla Firefox also has many attractive features for its users. One of them is add-ons, which are additional application to add function required by the user in using the web browser. There are three types of add-ons on Mozilla Firefox: Extension, Themes, and Plugins. Up to now, Mozilla Firefox is the most about add-ons browser.

In addition to the advantages already mentioned there are also flaws in Mozilla Firefox. One of the phenomenon in which the add-ons that are owned by the user and the condition is enable, can make the memory usage on Mozilla Firefox has become larger so user feels that the browser works slower and often crash.

In this final project creates an extension for Mozilla Firefox which can enable and disable which only required by content-type of web page.

Based on the analysis and testing show that the determination of the memory usage is not only on the basis of firefox.exe alone but there are several other applications which may also influence the memory usage are plugin-container.exe, java.exe, jp2launcher.exe, and FlashPluginPlayer.exe. This occurs by the need of a plugin in the works. Java plugin requires the performance of the application java.exe and jp2launcher.exe, while FlashPluginPlayer.exe active due to the influence of the performance of the Shockwave Flash plugin. And amount of the memory usage in conditions after the implementation of the extension SuperPlugin (with-SuperPlugin) becomes smaller compared with conditions before using SuperPlugin (non-SuperPlugin).Keyword: Keywords: Web Browser, Mozilla Firefox, Add-On, Extension, Plugin, Memory usage, Content-type.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Pembangunan Add-On untuk Content Aware Web Browser (Studi Kasus: Mozilla Firefox)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JESSI MONIKA
Perorangan
Bayu Erfianto, Retno Novi Dayawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini