Analisis dan Implementasi Steganografi Pada File Teks Dengan Metode Color Quantization

Melanie Fransiska

Informasi Dasar

113051035
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Steganografi adalah suatu ilmu atau seni untuk berkomunikasi dimana pesan yang dikomunikasikan tidak dapat diketahui oleh pihak luar. Ada berbagai macam media yang dapat digunakan untuk melakukan steganografi, salah satunya adalah teks. Dokumen teks adalah dokumen yang sangat umum dipertukarkan melalui jaringan atau Internet sehingga jenis media ini sangat baik untuk dipergunakan sebagai file host untuk steganografi.
Pada Tugas Akhir ini dilakukan steganografi pada file teks (file Word) dengan menggunakan metode Color Quantization. Data yang disisipkan berupa teks yang selanjutnya akan disebut secret text. Setelah proses encoding dilakukan akan menghasilkan stego file. Stego file ini akan dikirimkan kepada penerima pesan untuk kemudian dilakukan proses decoding untuk mendapatkan secret text di dalamnya.
Yang akan dianalisis dari metode ini adalah ketahanan (robustness) terhadap proses pengolahan teks, tingkat imperceptibility yang akan diukur dengan melakukan penilaian subjektif, dan payload/embedding rate.Kata Kunci : text steganography, Color Quantization, encoding, decoding.ABSTRACT: Steganography is a science or art to communicate where the message that want to communicate is a secret. There are a lot of media that can be used to do a steganography, one of them is text. Text document is a kins of document that commonly used and transferred via network or Internet so this type of media is proper to be used as a host file for steganography.
In this final project, we do a steganography in text file (Word file) using Color Quantization method. The data that would be embedded is a text or furtherly we called secret text. After encoding process is done the output is a stego file. This stego file is sent to receiver then the receiver will decode it to get bthe secret text.
From this method, we will analyse the robustness to text processing, imperceptibility that would be measured with subjective scoring (quizioner), and payload/embedding rate.Keyword: text steganography, Color Quantization, encoding, decoding.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Steganografi Pada File Teks Dengan Metode Color Quantization
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Melanie Fransiska
Perorangan
Rimba Whidiana, Tjokorda Agung Budi Wirayuda
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini