ANALISA PERFORMANSI QUERY PADA BASIS DATA RELATIONAL DENGAN TEKNOLOGI RAID<br><br>QUERY PERFORMANCE ANALYSIS ON DATABASE RELATIONAL WITH RAID TECHNOLOGY

Juanda Hakim Lubis

Informasi Dasar

113051012
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Langkah awal yang dilakukan dalam membuat suatu sistem agar kinerja basis data tetap optimal adalah mendesain Basis Data. Dengan tujuan untuk menentukan data yang dibutuhkan dalam sistem sehingga informasi yang dihasilkan dapat terpenuhi dengan baik. Dengan desain basis data seorang praktisi dapat mengurangi waktu proses untuk operasi bisnis dalam beberapa kasus. Akan tetapi proses desain belum cukup untuk meningkatkan kinerja basis data. Salah satu cara adalah dengan meningkatkan kecepatan transaksi data yaitu dengan mentukan kecepatan pemrosesan query. Hal tersebut dapat meningkat kan kinerja antara 25% dan 100%, kadang-kadang bisa lebih.

Upaya perancangan basis data dapat ditempuh dengan membuat sebuah model dari awal sampai dilakukan perbaikan untuk mendapatkan sebuah model data yang lebih mendekati pada keadaan yang sebenarnya. Dalam tugas akhir ini, di analisis beberapa model query yang berbeda pada RAID-1 dan DAS, kemudian mengimplementasikannya kedalam perangkat lunak untuk menghasilkan cost query berupa nilai pengaksesan disk.

Dari hasil percobaan dan pengujian didapatkan kesimpulan bahwa dari sebuah studi kasus yang memiliki block data dan bentuk query yang berbeda, DAS lebih unggul dari pada RAID-1 karena pengaksesan disk untuk membaca data pada RAID-1 menjadi dua kali lipat karena permintaan dilakukan pada kedua disk. Baik pada RAID-1 dan DAS, performansi dari suatu pemrosesan query dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah jenis operasi yang terlibat dalam query, jumlah record, ukuran atribut, keberadaan index, jenis atau bentuk query yang digunakan.Kata Kunci : Basis Data, cost query, RAID-1, DASABSTRACT: The initial steps in creating a system with the aim of optimum database is making a database design. With the database design, a practitioner can reduce a processing time for business operations in some cases. However, the design process is not enough to improve a database performance. One way is by increasing the speed of data transaction which is determining the speed of query processing. This can be increase performance between 25% and 100%, can sometimes be more.

The database design can be achieved by creating a model from the beginning to be improved to obtain a data model which is closer to the actual situation. In this thesis, we analyze several different query models on RAID-1 and DAS, then develop them into the software to generate a cost query of accessing the disk.

From the experiment and testing, we can conclude that from a case study which has a block data and different forms of queries, DAS superior than RAID-1 because accessing the disk to read data on the RAID-1 to be doubled because of the demand made on the second disk. Both the RAID-1 and DAS, the performance of a query processing is influenced by several factors including the type of operation involved in the query, the number of records, size attributes, the existence of indexes, types or forms of queries that are used.Keyword: Database , cost query, RAID-1, DAS.

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

ANALISA PERFORMANSI QUERY PADA BASIS DATA RELATIONAL DENGAN TEKNOLOGI RAID

QUERY PERFORMANCE ANALYSIS ON DATABASE RELATIONAL WITH RAID TECHNOLOGY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Juanda Hakim Lubis
Perorangan
Kiki Maulana, Iman Lukmanul Hakim
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini