Aplikasi untuk Mendukung Proses Migrasi TDM menuju NGN berbasis Softswitch pada OPNET IT Guru® Network Planner

KURNIAWAN EKO PUTRO

Informasi Dasar

113051007
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: OPNET IT Guru® Network Planner dilengkapi dengan kemampuan yang luar biasa sebagai tool perencanaan jaringan, baik jaringan berbasis TDM maupun jaringan berbasis NGN. Kemampuan ini telah membawa keuntungan bagi berbagai penyedia layanan untuk merencanakan infrastruktur jaringan mereka. Pada berbagai kasus, penyedia layanan tidak hanya membutuhkan perencanaan jaringan akan tetapi juga membutuhkan migrasi dari jaringan berbasis TDM menuju jaringan berbasis NGN. Proses migrasi yang dilakukan dalam OPNET adalah dengan cara manual, yakni dengan menghapus TDM Switch dan membuat baru NGN Softswitch baik menggunakan object palette maupun melalui file XML yang telah diexport dari OPNET.
Migrasi dengan cara manual seperti ini akan memakan waktu dan beresiko untuk melakukan kesalahan. Oleh karena itu dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat membantu proses migrasi dari TDM menuju NGN pada OPNET IT Guru® Network Planner. Ide dasar aplikasi adalah dengan memodifikasi file XML yang berisi topologi TDM atau half NGN yang telah diexport dari OPNET. Proses modifikasi akan mengubah object dan atribut yang berbasis TDM menjadi object dan atribut yang berbasis NGN. Selanjutnya file XML ini diimport kembali di OPNET sebagai jaringan yang berbasis NGN. Topologi NGN ini sekarang siap untuk dilakukan proses lanjutan seperti voice quality, bandwidth requrement, capacity planning, flow analysis, dan lain sebagainya.
Kata Kunci : OPNET, TDM, NGN, XML, softswitch, migrasiABSTRACT: OPNET IT Guru® Network Planner is equipped with amazing capability to do network planning either for TDM-based network or Softswitch-based NGN (Next Generation Network). This capability has been realized beneficial for many service providers when conducting network planning for their network infrastructure. However, in some cases, service providers require not only the ability to do planning but also for doing migration from TDM-based to Softswitch based NGN. At this moment, OPNET IT Guru® Network Planner facilities migration by manual way; this is by deleting TDM-based switch objects and creating new Softswitch object, either on canvas or through the exported XML file and then adjusting the link one by one.
Performing migration by manual way is time consuming and vulnerable to error. Therefore, existence of application for automating replacement of TDM-based objects by Softswitch objects can be very useful. The application basically reads and performs modification on the XML file which consists of TDM-based network topology that is exported by OPNET IT Guru® Network Planner. The modified version of the XML file is then imported into canvas forming the new topology which is now Softswitch-based. This new Softswitch-based topology is now ready to support further processes, such as voice quality, bandwidth requrement, capacity planning and flow analysis.
Keyword: OPNET, TDM, NGN, XML, softswitch, migration

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Aplikasi untuk Mendukung Proses Migrasi TDM menuju NGN berbasis Softswitch pada OPNET IT Guru® Network Planner
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KURNIAWAN EKO PUTRO
Perorangan
Fazmah Arief Yulianto, Angkoso Suryocahyono MInfoTec
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini