ANALISIS PERBANDINGAN PENERAPAN PROTOKOL TUNNELING SSL, L2TP, DAN PPTP PADA LAYANAN VOIP TERHADAP QoS (QUALITY of SERVICE)

Ferdy Agoes Rizal

Informasi Dasar

113050227
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak layanan multimedia telah dikembangkan di Internet, salah satu dari layanan itu adalah VoIP. Teknologi VoIP sangat menguntungkan karena menggunakan jaringan berbasis IP yang sudah memiliki jaringan kuat di dunia sehingga biaya untuk melakukan panggilan jauh lebih efisien daripada menggunakan telepon analog. Tetapi VoIP memiliki kelemahan yaitu keamanan yang tidak terjamin. Karena berbasis IP, maka siapapun bisa melakukan penyadapat dan perekaman terhadap data VoIP. Dari sinilah muncul suatu pemikiran tentang bagaimana caranya untuk mengamankan data VoIP tanpa mengurangi performansi dari jaringan VoIP itu sendiri.

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara menerapkan tunneling VPN (Virtual Private Network). VPN sendiri telah diketahui sebagai salah satu metoda yang handal dalam menangani masalah keamanan jaringan, terutama untuk pengiriman data penting. Untuk mengimplementasikan pemikiran tersebut maka dibuatlah suatu sistem VoIP over VPN. Kemudian dianalisa bagimana pengaruh performansi QoS VoIP sebelum dan sesudah menggunakan VPN.

Dalam tugas akhir ini akan digunakan tiga jenis metode VPN yaitu SSL(OpenVPN), L2TP (IPsec VPN), dan PPTP dengan pengukuran terhadap delay, jitter, dan packet loss. Dari hasil hasil uji coba yang telah dilakukan didapat bahwa dengan menggunakan tunneling VPN PPTP lebih baik secara QoS. Hal ini dikarenakan kunci bit yang digunakan pada PPTP 128bit sedangkan pada IPsec dan SSL sebesar 256bit.Kata Kunci : VoIP, VPN, SSL, L2TP, PPTP, dan QoS.ABSTRACT: Along with the development of technology, multimedia services have been developed on the Internet, one of the VoIP service. VoIP technology is very advantageous because it uses IP-based network that already has a strong network in the world so that the cost to make calls is much more efficient than using an analog phone. But has the disadvantage that VoIP security is not guaranteed. Because IP-based, so anyone can sniffing and recording a VoIP data. From this came an idea about how to secure data without reducing the performance of VoIP VoIP network itself.

One way to overcome this is by applying the tunneling VPN (Virtual Private Networks). VPN itself has been known as one of the reliable methods in dealing with network security issues, especially for the delivery of critical data. To implement that thought there was made a VoIP system over the VPN. Bagimana then analyzed the influence of VoIP QoS performance before and after using the VPN.

In this thesis will use three kinds of methods, namely SSL VPN (OpenVPN), L2TP (IPsec VPN), PPTP and with measurements of the delay, jitter, and packet loss. From the results of the test results are obtained that have been made using a PPTP VPN tunneling for better QoS. This is because the key bits used in PPTP 128bit while the IPsec and SSL for 256bit.Keyword: VoIP, VPN, SSL, L2TP, PPTP, and QoS.

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN PENERAPAN PROTOKOL TUNNELING SSL, L2TP, DAN PPTP PADA LAYANAN VOIP TERHADAP QoS (QUALITY of SERVICE)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ferdy Agoes Rizal
Perorangan
Niken Dwi Cahyani, Vera Suryani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini