Kompresi Citra Menggunakan Modifikasi JPEG Image Compression dengan Adaptive Huffman Coding

Rudy La Idji Herman

Informasi Dasar

113050211
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Di era teknologi saat ini, penggunaan citra digital sudah berkembang dengan pesat. Namun ukuran citra digital yang semakin besar menimbulkan beberapa masalah yang berkaitan dengan penyimpanan (storage) dan pengiriman (transmission) citra digital. Dibutuhkan kapasitas memory dan bandwith yang cukup besar untuk menyimpan dan mengirim citra digital tersebut. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan melakukan kompresi terhadap citra digital.
Adaptive Huffman merupakan salah satu teknik lossless coding di mana teknik ini menentukan mapping dari pesan sumber menjadi codeword didasari pada perkiraan probabilitas pesan sumber. Kode bersifat adaptif, berganti sesuai dengan perkiraan optimalnya pada saat itu. Teknik coding ini kemudian diterapkan pada bagian entropy coding dari metode kompresi citra JPEG.
Kemudian dapat dibuktikan bahwa Adaptive Huffman coding dapat digunakan sebagai alternatif entropy coding pada metode kompresi JPEG. Faktor yang mempengaruhi rasio dan waktu kompresi adalah lebar data kuantisasi. Sedangkan nilai PSNR citra dipengaruhi oleh proses DCT dan Kuantisasi.
Rasio kompresi citra yang dihasilkan oleh sistem ini bergantung pada lebar data yang dihasilkan oleh proses kuantisasi. Jika lebar dan jumlah data terlalu besar maka kode tetap yang dihasilkan oleh Adaptive Huffman akan menjadi panjang dan codeword yang dihasilkan akan semakin banyak sehingga rasio kompresi yang dihasilkan juga menjadi kecil dan waktu mengcoding akan menjadi lama. Sebaliknya jika lebar dan jumlah data kecil, maka panjang kode tetap yang dihasilkan oleh Adaptive Huffman akan menjadi pendek dan jumlah codeword yang dihasilkan juga menjadi sedikit sehingga rasio kompresi pun menjadi tinggi dan waktu kompresi juga menjadi lebih pendek. Nilai rasio kompresi dari file yang dihasilkan oleh sistem secara umum sedikit lebih baik daripada JPEG standar.
Kata Kunci : Compression, JPEG, Adaptive HuffmanABSTRACT: In this technology era, the using of digital image has developed rapidly. But, in the other hand, the size of digital image which is more and more bigger cause some problems which related to storage and transmitting. It needs large capacity of memory and bandwidth to store and transmit the digital image. One of the solutions is doing the digital image compression.
Adaptive Huffman is one of lossless coding method where this method define mapping from source message to codeword which based on estimation probability of source message. Code is adaptive, changed according to optimal estimation at the time. Then this method is implemented as entropy coding from JPEG image compression.
Then it is proved that Adaptive Huffman coding can be uses as an alternative of entropy coding in JPEG compression. Factor which affect compression ratio and time is data range result of Quantization. Whereas the PSNR value is affected by DCT and Quantization.
Image compression ratio which is resulted by this system depend on data range resulted by Quantization. If data range and amount of data is too big, then the length of fixed code resulted by Adaptive Huffman coding will be more long and the amount of codeword will be more large so the compression ratio will be low and the compression time will be more long. Otherwise, if data range and the amount of data is small, then the length of fixed code will be more short and the amount of codeword resulted will be more small so the compression ratio resulted will be high and the compression time will be short. Generally, compression ratio from the file resulted by the system is a little better compared to JPEG Compression Standard method.
Keyword: Compression, JPEG, Adaptive Huffman

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Kompresi Citra Menggunakan Modifikasi JPEG Image Compression dengan Adaptive Huffman Coding
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rudy La Idji Herman
Perorangan
Adiwijawa, Tjokorda Agung Budi Wirayuda
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini