Harmony Search untuk Optimasi Jaringan Distribusi Air

Andika Sundawijaya

Informasi Dasar

113050159
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Jaringan distribusi air merupakan hal yang sangat krusial yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Jaringan distribusi air ini digunakan untuk saluran air bersih yang merupakan kebutuhan pokok manusia. Membangun suatu jaringan distribusi air dapat mendatangkan keuntungan maupun kerugian yang sangat besar baik dari sisi pelanggan maupun sisi penyedia air bersih tergantung benar , baik, atau optimal tidaknya desain jaringan distribusi air yang dirancang dengan memperhatikan aturan-aturan yang ada. Karena itulah dibutuhkan suatu analisis yang baik mengenai perancangan dan desain jaringan distribusi air untuk menyalurkan air secara optimal.
Banyak metode yang telah dikembangkan oleh ilmuan untuk mendapatkan hasil desain jaringan distribusi air secara optimal. Pada tahun 2001, muncul sebuah algoritma Harmony Search (HS) yang telah mampu menyelesaikan beberapa desain optimal jaringan distribusi air di beberapa tempat. Begitu juga pada Tugas Akhir ini digunakan Harmony Seacrh untuk menyelesaikan proses optimasi jaringan distribusi air. Pada Tugas akhir ini akan dibahas mengenai faktor-faktor yang ada di dalam HS yang berperan dalam menghasilkan jaringan distribusi air yang optimal.Kata Kunci : Kata Kunci : optimal, Harmony Search, jaringan distribusi airABSTRACT: Water distribution network is very crucial that is really needed by the community. Water distribution network is used to supply clean water for the basic human needs. Building a water distribution network can be profitable or inflict enormous losses both from the customer and the provider of water depends on rightness or optimal design of water distribution networks that are designed carefully by following the rules. Because of the reason above, it needs a good analysis of the water distribution networks design to channel water optimally.
Many methods have been developed by scientists to obtain the optimal of water distribution network design result . In 2001, Harmony Search algorithm emerged as algorithm that has been able to solve some optimal design of water distribution networks in several places. In this Final Project, Harmony Search also used to complete the process of water distribution network optimization. This Final Project will research the factors in the Harmony Search that is responsible for water distribution network to produce optimally.Keyword: Keyword : optimal, Harmony Search, water network distribution

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Harmony Search untuk Optimasi Jaringan Distribusi Air
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Andika Sundawijaya
Perorangan
Suyanto, Suwanda
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini