Komposisi Beberapa Perangkat Lunak Dengan Menggunakan Metode Subject Oriented Programming

Arga Bimadi

Informasi Dasar

113050140
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Subject oriented programming (SOP) merupakan suatu metode untuk mengkomposisikan beberapa perangkat lunak (PL) yang salah satu tujuannya yaitu mendukung pengevolusian sebuah perangkat lunak. Akan lebih mudah bagi programmer dalam mengevolusi atau meng-extend requirement suatu perangkat lunak apabila rancanganya telah menerapkan SOP karena programmer cukup mengkomposisikan requirement (subject) yang akan dievolusi dengan subject yang merefleksikan perubahan tersebut. Pada Tugas Akhir (TA) ini akan diperlihatkan cara kerja SOP dalam mengevolusi sebuah perangkat lunak yang dilakukan dengan cara mengkomposisikan perangkat lunak pertama dengan perangkat lunak kedua yang merefleksikan perubahan pada perangkat lunak yang pertama. Masing-masing perangkat lunak terdiri dari sebuah subject. Pengkomposisian kedua aplikasi tersebut dilakukan dengan menggunakan teknik komposisi override.
Ada empat jenis pengujian yang dilakukan yaitu pengujian fungsionalitas aplikasi, penerapan kaidah SOP, penerapan teknik komposisi override dan pengujian ketercapaian tujuan metdoe SOP. Dari hasil pengujian tersebut diperoleh hasil bahwa SOP mampu memfasilitasi pengembangan dan evolusi perangkat lunak dengan cara mengkomposisikan aplikasi yang akan berevolusi dengan aplikasi lain yang merefleksikan perubahan aplikasi pertama.Kata Kunci : subject oriented programming, subject, teknik override, evolusi, komposisiABSTRACT: Subject oriented programming (SOP) merupakan suatu metode untuk mengkomposisikan beberapa perangkat lunak (PL) yang salah satu tujuannya yaitu mendukung pengevolusian sebuah perangkat lunak. Akan lebih mudah bagi programmer dalam mengevolusi atau meng-extend requirement suatu perangkat lunak apabila rancanganya telah menerapkan SOP karena programmer cukup mengkomposisikan requirement (subject) yang akan dievolusi dengan subject yang merefleksikan perubahan tersebut. Pada Tugas Akhir (TA) ini akan diperlihatkan cara kerja SOP dalam mengevolusi sebuah perangkat lunak yang dilakukan dengan cara mengkomposisikan perangkat lunak pertama dengan perangkat lunak kedua yang merefleksikan perubahan pada perangkat lunak yang pertama. Masing-masing perangkat lunak terdiri dari sebuah subject. Pengkomposisian kedua aplikasi tersebut dilakukan dengan menggunakan teknik komposisi override.
Ada empat jenis pengujian yang dilakukan yaitu pengujian fungsionalitas aplikasi, penerapan kaidah SOP, penerapan teknik komposisi override dan pengujian ketercapaian tujuan metdoe SOP. Dari hasil pengujian tersebut diperoleh hasil bahwa SOP mampu memfasilitasi pengembangan dan evolusi perangkat lunak dengan cara mengkomposisikan aplikasi yang akan berevolusi dengan aplikasi lain yang merefleksikan perubahan aplikasi pertama.Keyword: subject oriented programming, subject, teknik override, evolusi, komposisi

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Komposisi Beberapa Perangkat Lunak Dengan Menggunakan Metode Subject Oriented Programming
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Arga Bimadi
Perorangan
Kusuma Ayu Laksitowening, Arie Ardiyanti Suryani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini