Implementasi dan Analisis Sistem OLAP pada Text-Rich Document oleh Multidimensional Database Menggunakan Skema Galaxy dan Skema Star

Sutra Prestashya

Informasi Dasar

113050137
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI:
Model dimensional merupakan sebuah representasi logic dari sebuah database yang digunakan untuk Online Analitical Processing (OLAP) dalam pembangunan sebuah data warehouse. Jika pada basis data transaksional data diolah untuk menyelesaikan masalah transaksional data tiap harinya, pada OLAP data diolah untuk keperluan analisis data.
Proses analisis data pada Data Warehouse disebut dengan OLAP (On-Line Analitical Processing). Pembangunan sebuah sistem OLAP berarti membangun sebuah Data Warehouse yang dapat membantu pihak manajemen dalam menentukan keputusan yang terbaik bagi institusi menurut fakta yang terjadi di institusi tersebut. Informasi tentang fakta ini didapat dari data-data transaksional yang telah di-load ke dalam multidemensional database yang dibangun untuk analisis data pada sistem OLAP.
Pembangunan sistem OLAP membutuhkan dimensional model yang sesuai menurut proses bisnis yang dihadapi. Dua di antara beberapa model dimensional yang ada adalah Star Schema dan Galaxy Schema. Star Schema merupakan skema Data Warehouse yang biasa dipakai karena kesederhanaan strukturnya. Skema Star hanya terdiri dari sebuah fakta dan dimensi-dimensi yang mengelilinginya. Sedangkan Galaxy Schema merupakan modifikasi dari Star Schema, terdiri dari kumpulan fakta yang terbagi berdasarkan jenis bisnis proses yang dihadapi. Pada skema Galaxy, beberapa fakta dikelilingi oleh dimensi-dimensi saling berbagi dimensi yang terelasi padanya. Dengan perbedaan pembangunan model ini, tentu saja masing–masing model memiliki kekurangan dan kelebihan yang dapat dianalisis. Waktu yang dibutuhkan untuk mengeksekusi suatu perintah dan berapa banyak perintah yang dapat dieksekusi dalam suatu waktu tertentu menjadi pertimbangan dalam memilih model dimensional yang akan diterapkan dalam suatu institusi untuk menganalisis data yang ada.Kata Kunci : OLAP, Skema Star, Skema GalaxyABSTRACT: Model dimensional is a logic representation of a database that is used for Online Analitical Processing (OLAP) in the development of a data warehouse. If the transactional database data is processed to resolve transactional data for each day, the OLAP data processed for the purposes of data analysis.
The process of data analysis called the Data Warehouse with OLAP (On- Line Processing Analitical). Development of an OLAP system is to build a Data Warehouse that can help the management in determining the best decisions for the institution according to the facts that occurred in the institution. Information about these facts derived from transactional data that are loaded into the database multidemensional built for data analysis in OLAP systems.
OLAP systems development requires an appropriate dimensional model according to business processes at hand. Two of the schemes there are multidimensional and the Galaxy Schema and Star Schema. Star Schema Data Warehouse is the scheme commonly used because of its simplicity in structure. Star Schema consists only of a fact and the dimensions of the surrounding. While Galaxy Schema is a modification of the Star Schema, consisting of a collection of facts that are divided by type of facing business processes. At Galaxy scheme, some facts surrounded by the dimensions of sharing dimensions. With this model of development differences, of course, each model has weaknesses and strengths that can be analyzed. Response time and throughput would be consideration in choosing a multidimensional scheme that implemented in the institution to analyze the data.Keyword: OLAP, Star Schema, Galaxy Schema.

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Implementasi dan Analisis Sistem OLAP pada Text-Rich Document oleh Multidimensional Database Menggunakan Skema Galaxy dan Skema Star
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Sutra Prestashya
Perorangan
Kiki Maulana, Yanuar Firdaus A.W.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini