Hand Tracking pada Citra Video Menggunakan Algoritma CamShift Studi Kasus : Virtual Mouse

Kurnia Wahyu Adi

Informasi Dasar

113050087
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Secara konservatif, interaksi antara manusia dengan komputer saat ini masih menggunakan mouse, keyboard, dan layar monitor. Melalui Tugas Akhir ini, penulis mencoba memberikan suatu alternatif substitusi mouse tradisional dengan kamera video (webcam). Kamera digunakan sebagai sensor untuk menelusuri pergerakan atau perilaku tangan. Selanjutnya, perilaku tangan ini diterjemahkan dalam aksi mouse. Sistem ini kemudian dinamakan dengan virtual mouse.
Penulusuran pergerakan tangan diterapkan dengan algoritma CamShift. Algoritma CamShift bekerja pada region penelusuran (search window) yang secara iteratif akan menemukan region tangan tiap frame-nya. Di setiap iterasi per frame-nya, CamShift akan mengkalkulasi ukuran dari search window baru yang akan digunakan sebagai input search window di frame selanjutnya. Akibatnya, CamShift hanya akan mengkalkulasi citra di search window yang dihasilkan dan mengabaikan pergerakan atau penampakan objek lain yang berada di luar search window. Oleh karena itu, algoritma CamShift sangat baik digunakan untuk pendeteksian objek tunggal seperti penelusuran tangan ini.
Distribusi warna kulit yang digunakan adalah hue dalam dimensi warna HSV (Hue, Saturation, Value). Penggunaan distribusi hue ini mampu mengatasi perbedaan dalam warna kulit manusia dan pencahayaan latar. Karena kalkulasi hanya dilakukan di dalam search window, waktu pemrosesan per frame dan penggunaan resource komputasi menjadi kecil.
Kata Kunci : search window, distribusi hueABSTRACT: Conservatively, human and computer interaction nowadays still uses mouse, keyboard, and monitor. In this Final Task, writer tries to give an alternative of traditional mouse substitution with video camera (webcam). Camera is used as sensor for tracking hand movement or behaviour. Furthermore, this hand behaviour is translated into mouse action. This system then is named virtual mouse.
Hand tracking is implementated with CamShift algorithm. CamShift algorithm work on search window, iteratively it will find hand region every frame. In every frame iteration, CamShift calculates new search window size that will be used as input search window in the next frame. Consequence, CamShift only calculates image in search window and neglects other object movements or appearances on outer existing search window. Therefore, CamShift algorithm is very good for single object detection as this hand tracking.
Skin color distribution that used is hue in HSV (Hue, Saturation, Value) color space. This hue distribution is robust to differences of human skin color and background brightness. Because of the calculation only in the search window, every frame processing time and computation resources usage become small.
Keyword: search window, hue distribution

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Hand Tracking pada Citra Video Menggunakan Algoritma CamShift Studi Kasus : Virtual Mouse
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Kurnia Wahyu Adi
Perorangan
Tjokorda Agung Budi Wirayuda, Adiwijaya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini