Semantic Role Labeling Kalimat Bahasa Indonesia sebagai Preprocessing pada Text Mining Semantic Role Labeling of Indonesian Sentence as Preprocessing on Text Mining

Nur Indrawati

Informasi Dasar

113050086
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Semakin besarnya volume berita elektronik berbahasa Indonesia mengakibatkan informasi tersedia dalam jumlah yang besar, beraneka ragam, dan umumnya tidak terstruktur. Hal ini mendorong terjadinya peningkatan kebutuhan untuk mencari dan mengelola informasi dengan baik dari dokumen berita berbahasa Indonesia sehingga dihasilkan pengetahuan yang bermanfaat. Text mining merupakan upaya penambangan data yang berupa teks dimana sumber data biasanya diperoleh dari dokumen, dengan tujuan mencari kata-kata yang dapat mewakili isi dokumen sehingga dapat dilakukan analisis keterhubungan antar dokumen.
NLP digunakan sebagai preprocessing dalam text mining karena user menentukan relevansi dokumen dengan membaca dan menganalisisnya. Preprocessing pada penelitian ini dibatasi hanya pada tiga tahapan, yaitu: POS tagging, syntax parsing, dan semantic role labeling (SRL). Dalam Tugas Akhir ini, implementasi SRL didasarkan pada teori case grammar. Label yang digunakan mengacu pada label PropBank. SRL dibagi menjadi dua task utama, yaitu indentifikasi frame dan pelabelan elemen-elemen frame yang sudah teridentifikasi, sesuai peran semantisnya. Hasil implementasi semantic role labeling dapat memecahkan permasalahan SRL kalimat bahasa Indonesia untuk kalimat tunggal dan deklaratif secara terkomputerisasi. Pengujian dengan menggunakan 52 kalimat yang diambil dari 300 artikel yang diambil dari Harian Kompas memberikan hasil pelabelan yang akurat untuk semua kata dalam setiap kalimat, jika dibandingkan dengan pelabelan secara manual.
Kata Kunci : text mining, preprocessing, natural language processing, semanticABSTRACT: The increasing of Indonesian electronics news articles has made providing of the information in large number and unstructured. This condition make increasing of needs for searching and managing information well so can catch the valuable knowledge. Text mining is effort to take text form the data that is come from document, to search term that is represent content of documents so that can analyzing it.
NLP is used as preprocessing on text mining because user decide the releavance documents by reading and analyzing it. In this reseach, preprocessing are divided in 3 steps: POS tagging, syntax parsing, and semantic role labeling.
In this research, the impelemntation of semantic role labeling based on case grammar theory. Label that is used in this research is based on PropBank annotation. Semantic role labeling is consist of two main task, that is frame identification and labeling sentences with frame elements which is identified.
Keyword: text mining, preprocessing, natural language processing, semantic role labeling

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Semantic Role Labeling Kalimat Bahasa Indonesia sebagai Preprocessing pada Text Mining Semantic Role Labeling of Indonesian Sentence as Preprocessing on Text Mining
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nur Indrawati
Perorangan
Moch. Arif Bijaksana, Ririn Dwi Aguin
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini