Analisis Model View Controller (MVC) pada Framework Seam

Deni Ma'mur

Informasi Dasar

113050076
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Arsitektur Model View Controller (MVC) merupakan suatu pola untuk membangun suatu aplikasi dengan memisahkan presentasi dan proses bisnis ke dalam tiga komponen yaitu Model, View, dan Controller. Hal ini menyebabkan aplikasi lebih mudah dikembangkan karena suatu perubahan pada presentasi tidak menyebabkan perubahan besar pada proses bisnisnya begitu juga sebaliknya. Kelebihan MVC ini kemudian diterapkan pada suatu framework.
Framework merupakan alat bantu yang memudahkan para programmer untuk membuat suatu aplikasi. Saat ini banyak framework untuk aplikasi berbasis web yang menggunakan arsitektur MVC, salah satunya yaitu Seam dan Struts. Pada Tugas Akhir ini dibuat suatu aplikasi web menggunakan framework Seam dengan studi kasus aplikasi registrasi bayangan dan digunakan framework Struts sebagai pembanding.
Hasil yang didapat dari penelitian tugas akhir ini adalah implementasi MVC pada framework Seam lebih fleksibel dibandingkan dengan framework Struts, sementara dari sisi performansi, framework Struts lebih baik daripada framework Seam. Adapun aplikasi yang dibuat menggunakan framework Seam dan framework Struts bersifat portabel di Sistem Operasi Linux dan Windows menggunakan server JBoss 5.Kata Kunci : MVC, framework, Seam, Struts.ABSTRACT: Model View Controller (MVC) architecture is a pattern for build an application which separate presentation and business process into three component, there are Model, View, and Controller. These separation make an application easier to modify because if a presentation is changed not cause a large effects to bussiness process and vice versa. The advantages of MVC pattern then implement into a framework.
implement into a framework. A framework is a blue print which make a programmer easier to develop an application. Today, there are many framework for web application implement MVC pattern, for example Seam and Struts. In this final assignment, there are two web application was built with case study is pre-registration application. One application was built by Seam framework and other by Struts framework.
The results from this final assignment are implementation MVC pattern in Seam framework more flexible than Struts framework but response time performance of Struts framework more faster than Seam framework. Seam and Strus framework also portable on Linux and Windows XP operating system.Keyword: MVC, framework, Seam, Struts.

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Analisis Model View Controller (MVC) pada Framework Seam
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Deni Ma'mur
Perorangan
Yanuar Firdaus A.W., Toto Suharto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini