Analisis dan Implementasi Model View Controller (MVC) pada Framework JavaServer Faces (JSF) untuk Aplikasi Web

Novika Erdini

Informasi Dasar

113050061
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Arsitektur Model View Controller (MVC) merupakan pola yang membangun proyek secara lebih efektif. Hal itu dilakukan dengan memilah komponen antara Model, View, dan Controller pada bagian-bagian dalam proyek. Dalam aplikasi, bagian kode yang sering mengalami perubahan adalah bagian user interface. User interface merupakan bagian yang paling terlihat oleh user dan bagaimana ia berinteraksi dengan aplikasi, membuatnya menjadi titik fokus pengubahan berdasar kemudahan penggunaan. Business-logic yang rumit pada user interface membuat pengubahan pada user interface menjadi lebih kompleks dan mudah terjadi kesalahan. Perubahan pada satu bagian memiliki keterkaitan dengan keseluruhan aplikasi. Oleh karena itu pola MVC menyediakan sebuah solusi terhadap permasalahan tersebut.
Pada tugas akhir ini telah dibangun sebuah aplikasi berbasis web yang mengimplementasikan MVC, dengan studi kasus aplikasi perpustakaan menggunakan java dengan framework JavaServer Faces (JSF) dan framework pembanding adalah Struts.
Hasil yang didapat dari penelitian tugas akhir ini adalah dengan mengimplementasikan MVC pada framework JSF lebih baik dibandingkan dengan framework Struts, dilihat dari parameter arsitektur, ketersediaan fitur, dan performansi yang dimiliki oleh suatu aplikasi web.
Kata Kunci : MVC, framework, JSF, struts.ABSTRACT: Model View Controller (MVC) architecture is a pattern that build project effectively. It can be done by separating Model, View, and Controller of the project. Code that is often changed is user interface. User interface is the part that always be seen by user and how they interact with the application, make them being focused by user. The purpose of separating between part of view and implementation is to decrease dependency between parts on the application and to make it easier for recovery process or to enhance modul without making influence to the others. Independent of moduls also can reuse from the using the moduls.
In this final project, a web base application to implementing the MVC with Library web as the case, had been developed using java with JavaServer Faces (JSF) framework and Struts framework.
The result from this final project is MVC implementation in JSF framework better than framework Struts, it can be seen from architecture parameter, feature, and performance of web application.
Keyword: MVC, framework, JSF, Struts.

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Model View Controller (MVC) pada Framework JavaServer Faces (JSF) untuk Aplikasi Web
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Novika Erdini
Perorangan
Yanuar Firdaus A.W., Dana Suliyo Kusumo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini