Analisis Dan Implementasi IPsec (IP security) Dalam Proses Pengamanan Layer Dua Tunneling Protokol

Septian Prima Putra

Informasi Dasar

113050060
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kebutuhan akan perluasan jaringan data/multimedia pada perusahaan sekarang ini semakin tinggi. Perluasan dapat berupa pembukaan host remote system ataupun remote client yang dapat mengakses jaringan korporat, yang menuntut efisiensi dan keamanan pada jaringan yang lebih tinggi. Berbagai solusi ditawarkan untuk membentuk keamanan jaringan yang handal, diantaranya adalah membentuk sebuah jaringan privat dengan leased line (saluran sewa) antara jaringan korporat dengan remote host atau remote client.
Pada saat jaringan privat mempunyai skala jaringan yang kecil atau menengah, investasi yang ditanam tidaklah terlalu menjadi masalah. Tetapi pada saat skala jaringan menjadi besar, hal ini akan menjadi masalah. Karena menyangkut pengembangan investasi yang semakin tinggi, dan ketersediaan akses akan menjadi masalah yang krusial
Solusi lain yang lebih efisien adalah pembentukan jaringan privat melalui jaringan publik yang sering dikenal dengan VPN (Virtual Private Network). Bentuk jaringan seperti ini membutuhkan sebuah sistem keamanan yang baik sehingga jaringan privat tersebut tidak dapat diakses oleh pengguna yang tidak berwenang. L2TP (Layer 2 Tunneling Protocol) memberikan solusi keamanan yang baik bagi permasalahan diatas dengan cara membentuk tunnel (terowongan) pada jaringan publik yang menghubungkan remote client dengan jaringan korporat. Penggunaan L2TP itu sendiri tidak lepas dengan perangaruh sistem keamanan yang makin berkembang pesat, oleh karena itu dengan memadukan proses L2TP dengan IPsec diharapkan mampu bisa menangai kasus masalah dari celah sistem keamanan.
Dalam implementasi kali diharapkan dengan penggunaan L2TP/IPsec mampu memberikan hasil nilai performansi yang baik ditambah dengan adanya dukungan penggunaan IPsec dengan menggabungkan beberapa kunci algoritma otentifikasi mampu menambah sistem keamanan yang dibangun dengan menggunakan tekonlogi VPN.Kata Kunci : VPN, L2TP, IPsecABSTRACT: The need for network expansion data / multimedia on current company is getting higher. Expansion may be opening the remote host system or a remote client that can access the corporate network, which demands efficiency and security at a higher network. Various solutions are offered to establish a reliable network security, such as forming a private network with leased line (leased line) between a corporate network with a remote host or a remote client.
At the time of the private network has a network of small-scale or medium, an investment that is planted is not much of a problem. But at the network scale becomes large, this will be a problem. Because it involves the development of higher investment, and the availability of access will become a crucial issue.
Another solution is more efficient is the establishment of private networks over a public network that is often known as VPN (Virtual Private Network). Form a network like this requires a good security system so that the private network can not be accessed by unauthorized users. L2TP (Layer 2 Tunneling Protocol) provides a good security solution for the problems above by way of forming tunnel (tunnel) on the public network that connects remote clients to corporate networks. The use of L2TP itself does not escape with a security system that increasingly influences growing rapidly, therefore, by integrating the process of L2TP with IPsec are expected to be able to handle the case of the problem of crack security system.
In the implementation time is expected to use L2TP/IPSec able to provide the value of a good performance coupled with the support of the use of IPsec by combining several key authentication algorithm is able to add a security system built using VPN technology.Keyword: VPN, L2TP, IPsec

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisis Dan Implementasi IPsec (IP security) Dalam Proses Pengamanan Layer Dua Tunneling Protokol
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Septian Prima Putra
Perorangan
Fazmah Arief Yulianto, Tri Brotoharsono
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini