Analisa dan Implementasi Metode Proximity-based pada Opinion Retrieval

Ferri Fadli Alfian Tambunan

Informasi Dasar

113050045
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Masyarakat modern saat ini semakin cerdas dalam memilih suatu produk yang akan memenuhi kebutuhannya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan media Internet untuk melihat review mengenai produk yang akan mereka beli. Review secara online ini biasanya dilakukan oleh para user yang telah menggunakan produk tersebut ataupun perusahaan produk manufaktur. Masyarakat dapat menggunakan informasi tersebut untuk mendukung keputusan mereka dalam membeli suatu produk. Untuk mempermudah dalam mencari opini tentang suatu produk yang ingin dilihat, dibutuhkan suatu alat bantu dalam mencari opini secara online.

Permasalahan dalam mendapatkan pernyataan opini yang berhubungan dengan kata kunci, dapat diselesaikan dengan menggunakan metode proximity-based yaitu menentukan bobot tingkat keopinian suatu dokumen yang berhubungan dengan kata kunci. Dengan pengurutan dokumen berdasarkan bobot dari relevansi dokumen terhadap kata kunci dan opini yang berhubungan dengan kata kunci tersebut maka akan didapatkan peringkat dokumen berdasarkan tingkat keopinian yang berhubungan dengan kata kunci.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode proximity-based didapatkan rata-rata akurasi dalam menghitung relevansi dan tingkat keopinian dokumen memiliki nilai rata-rata diatas 90%.Kata Kunci : proximity-based, opini, kata kunci.ABSTRACT: Modern societies are increasingli savvy in choosing a product that will meet their needs. One way to do is to use the internet to see reviews about the product that they will buy. Online review is usually made by the user who has been experience user of the product or the product manufacturing company. Communities can use the informatin to support their decision in purchasing a product. Communities can use the information to support their decision in purchasing a product. To facilitate the searching for opinion about the product that the user want to look for, we need a kind of tools to search opinion by the internet.

In determining a document that is an opinion, and opinion expressing about the given query, is a challeng that must be resolved. The problem to get the opinion expression related to the query topic, can be solved by using the proximity-based opinion retrieval to calculate the weight of opinion expression related to the query. And to rank the document, must be calculate by relevance score and opinion expression about the query.

Based on the research conducted using proximity-based method, obtained an average accuracy in calculate the document relevance and opinionatedness document score has an average value above 90%.
Keyword: proximity-based, opinion, query.

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Analisa dan Implementasi Metode Proximity-based pada Opinion Retrieval
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ferri Fadli Alfian Tambunan
Perorangan
Warih Maharani, Ade Romadhony
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini